Berita Banjarmasin

MUI Kalsel Gelar Sosialisasi Pendirian dan Pengelolaan Koperasi Syariah

Diselenggarakan dan digerakkan melalui Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Kalsel, nantinya koperasi berbasis syariah

MUI Kalsel Gelar Sosialisasi Pendirian dan Pengelolaan Koperasi Syariah
Achmad Maudhody
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalsel gelar Sosialisasi Pendirian dan Pengelolaan Koperasi Syariah, Sabtu (23/12/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Galakkan kembali dan perkuat perekonomian syariah di Kalimantan Selatan (Kalsel), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalsel gelar Sosialisasi Pendirian dan Pengelolaan Koperasi Syariah, Sabtu (23/12/2017).

Diselenggarakan dan digerakkan melalui Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Kalsel, nantinya koperasi berbasis syariah diharapkan menjadi cikal bakal kembalinya masa jaya perekonomian Islam di Indonesia.

Dibuka oleh Wakil Ketua Umum MUI Kalsel Prof H A Hafiz Anshary, sosialisasi digelar di Aula Kantor MUI Kalsel di Kompleks Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Baca: Anies Baswedan: Dengan atau Tanpa Dukungan Kemendagri, Kami Jalan Terus, Take It Easy

Baca: Anies: Anggaran TGUPP di Periode Pak Jokowi, Ahok, Djarot Boleh, Kok Sekarang Enggak Boleh?

Turut hadir pula Sekretaris Umum MUI Kalsel H M Fadhly Mansoer, Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Kalsel Hatmansyah dan Sekretaris Panitia Pelaksana Sosialisasi Muhaimin.

Kepada para tamu undangan yang merupakan para perwakilan MUI Kabupaten dan Kota serta para perwakilan Ormas se Kalsel, Prof H Hafiz Anshary mengingatkan bagaimana pentingnya mengembalikan kejayaan ekonomi syariah di Indonesia.

"Saat ini perekonomian begitu jomplang, dan dikuasai segelintir orang saja yang belum tentu peduli terhadap perekonomian syariah. Tahun 2017 ekonomi syariah sudah mulai jadi fokus tema yang diangkat di MUI Pusat, diharapkan 2018 terjadi momentum makin majunya perekonomian syariah," kata Prof H Hafiz Anshary.

Dijelaskan Hatmansyah, pihaknya selama tiga tahun terakhir gencar lakukan sosialisasi terkait pentingnya dan perbedaan koperasi berbasis syariah dengan konvensional.

Serta dengan dibentuknya koperasi syariah oleh MUI Kalsel melalui Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umatnya semakin memperkuat dakwah MUI untuk ajak umat menuju masyarakat berekonomi syariah.

"Kami merasa berkepentingan dan bertanggung jawab untuk bimbing umat menuju ekonomi yang Halalan dan Thayyiban," kata Hatmansyah.

Muhaimin menambahkan, sosialisasi kali ini ditujukan untuk para pengurus dan anggota MUI Kabupaten dan Kota serta para anggota Ormas Islam se Kalsel.

"Nanti diharapkan konsep koperasi syariah ini bisa di terapkan di daerahnya masing-masing. Kami himbau tentunya kepada masyarakat untuk bergabung karena koperasi syariah dari segi bisnis juga tidak kalah dari konvensional," kata Muhaimin.

Terkait sosialisasi mengenai teknis pelaksanaan, tata cara dan peraturan penyelenggaraan koperasi syariah dijelaskan langsung oleh Direktur Pinbuk Kalsel Syahdani Apasha. (Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved