Berita Tanahlaut

Putri Berharap Pendopo Gunung Kayangan Dicat Agar Tak Kusam

Keberadaan pendopo dan menara pandang dan fasilitas gazebo di puncak Gunung Kayangan, kawasan obyek wisata Gunung Kayangan

Putri Berharap Pendopo Gunung Kayangan Dicat Agar Tak Kusam
Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Keberadaan pendopo dan menara pandang dan fasilitas gazebo di puncak Gunung Kayangan, kawasan obyek wisata Gunung Kayangan di Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut dikeluhkan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI- Keberadaan pendopo dan menara pandang dan fasilitas gazebo di puncak Gunung Kayangan, kawasan obyek wisata Gunung Kayangan di Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut dikeluhkan.

Itu dikatakan pengunjung, setelah melihat langsung keberadaan fasilitas obyek wisata Gunung Kayangan tak terawat. Kios pedagang tutup berjualan, atap gazebo lenyap. Cat pendopo kusam dan sebagian warnaya luntur.

Putri, warga asal Tanahlaut itu mengaku berkunjung bersama teman dan saudaranya ingin menikmati pemandangan dari ketinggian di atas Gunung Kayangan.

Menurutnya, jika fasilitas bersantai di Gunung Kayangan dirawat akan mendatangkan pengunjung yang tak sedikit dan menambah pendapatan asli daerah jika benar-benar dikelola secara profesional.

"Sebaiknya dirawat agar mendatangkan PAD bagi daerah," katanya.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Derby Milan - AC Milan vs Inter Milan, Donnaruma Terancam Tidak Bermain

Pengunjung lainnya, Ahmad mengaku mengenal obyek wisata Gunung Kayangan dari berselancar di internet. Ia mengaku kecewa karena fakta dengan gambar di internet tak sesuai dengan harapannya.

"Sangat disayangkan, fasilitas obyek wisata Gunung Kayangan tak dirawat. Saya kali pertama berkunjung dari Kota Banjarbaru. Melihat kondisi seperti ini merasa berada di lokasi yang menyeramkan," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanahlaut, Akhmad Khairin membenarkan bahwa obyek wisata Gunung Kayangan dikunjungan sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanahlaut.

Kunjungan itu dalam kaitan menyambut wisatawan yang bertandang ke Pelaihari. Sebab dari temuan di lapangan, pengunjung destinasi obyek wisata di Kabupaten Tanahlaut bukan hanya warga Kalimantan Selatan.

"Ada juga pengunjung dari luar dari Kalsel," katanya, Rabu (27/12/2017).

Akhmad Khairin membenarkan kondisi fasilitas dan infrastruktur di obyek wisata Gunung Kayangan banyak yang rusak. Itu ternyata akan direnovasi pada anggaran 2018 nanti.

Ia mengaku bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahlaut, Syahrian Nurdin sudah melihat langsung kondisi fasilitas wisata di Gunung Kayangan.

Diakui Akhmad Khairin ada beberapa keterbatasan dalam hal anggaran biaya. Upaya pihaknya mendorong Pemerintah Pusat menggelontorkan dana alokasi khusus APBN bidang pariwisata di wilayah obyek wisata Gunung Kayangan.

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help