Menuju 2018

Warga Sungai Andai Ini Kaget Luar Biasa, Lahannya Ternyata RTH!

Amir, warga Jalan Sultan Adam. Dia mengaku kaget setelah mengetahui tanahnya di Sungai Andai adalah RTH

Warga Sungai Andai Ini Kaget Luar Biasa, Lahannya Ternyata RTH!
banjarmasinpost.co.id/rahmadhani
Ilustrasi pembongkaran rumah di Sungai Andai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Lahan memang menjadi masalah utama Pemko Banjarmasin untuk menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk publik. Bahkan sejumlah kawasan yang diplot jadi RTH merupakan milik warga.

Seperti yang terjadi pada Amir, warga Jalan Sultan Adam. Dia mengaku kaget setelah mengetahui tanahnya di Sungai Andai adalah RTH. Kabarnya bila ditetapkan jadi RTH, bangunan yang bakal dibangun di atasnya akan sulit diwujudkan. Dia pun bingung karena lahan itu dibelinya pada 10 tahun lalu. Sedangkan penetapannya dalam beberapa tahun ini saja.

Anggota DPRD Kota Banjarmasin M Isnaini mengatakan, kewajiban undang-undang memang 30 persen RTH di kota besar. Namun jangan sampai mencaplok milik warga.

Baca: Wow! Kota Banjarmasin Punya Taman Vertikal, Ternyata Ibnu Sina Punya Mimpi Seperti Ini

Dia telah mengusulkan pemanfaatan sejumlah tempat kosong jadi RTH. Seperti gedung harus punya taman. Bahkan kalau perlu digalakkan taman di atas atap.

Di sejumlah kota di luar negeri mulai menerapkannya. Setiap gedung harus punya taman. Pemko juga bertahap harus membeli lahan untuk RTH tersebut.

“Terkait RTH, Perda Nomor 9 Tahun 2014 direvisi. Dan kemarin sudah ada Paripurna terkait pembahasan perda tersebut. Ini untuk mengakomodir polemik seperti RTH milik warga dan meningkatkan jumlah lahan RTH,” jelas Isnaini. (ire)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved