Berita Tabalong

Begini Cara BPBD Tabalong Agar Semua Siap Siaga dan Tangguh saat Ada Bencana

Terkait kondisi itu, BPBD Tabalong pun berupaya agar selalu siap siaga dan tangguh dalam penanggulangan bencana.

Begini Cara BPBD Tabalong Agar Semua Siap Siaga dan Tangguh saat Ada Bencana
dony usman
Rapat koordinasi BPBD Tabalong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG-Bencana memang bisa terjadi kapan dan dimana saja, sehingga perlu kesiapan untuk menghadapinya.

Terkait kondisi itu, BPBD Tabalong pun berupaya agar selalu siap siaga dan tangguh dalam penanggulangan bencana.

Satu cara yang ditempuh, dengan melibatkan semua pihak terkait, BPBD Kabupaten Tabalong saat dalam proses penyusunan kontijensi daerah.

Kepala BPBD Tabalong, Alfian, yang dihubungi, Minggu (31/12/2017), menyampaikan, untuk penyusunan kontijensi daerah itu, pihaknya sudah dua kali menggelar lokakarya.

"Yang kita libatkan kodim, polres, SKPD terkait, LSM, UPBS , PMI, RAPI, ORARI, perbankan dan perusahaan yang ada di Tabalong," katanya.

Sedangkan untuk narasumber menghadirkan dari BPBD Kalsel, Dishut Kalsel, konsultan ahli kebencanaan dari luar Tabalong dan juga luar Kalsel.

Dijelaskannya, penyusunan kontojensi tersebut dilakukan untuk memperjelas arah kebijakan dan tindakan langsung di lapangan dalam hal siapa berbuat apa.

"Ini terkait bagaimana perencanaan, pengorganisasian, aksi dan kontrol dalam penyelenggraan penanggulangan bencana di Tabalong," jelas Alfian.

Masih menurut Alfian, yang menjadi fokus utama kontijensi penanggulangan bencana.

Yakni meliputi pencegahan dan penanggulangan bencana karhutla, banjir, longsor dan juga angin puting beliung.

Sehingga diharapkan pada saat terjadi bencana tersebut, maka semua pihak terkait sudah memahami, mengerti dan mampu bereaksi dengan cepat.

"Terutama terhadap apa yang jadi tugas dan fungsi masing-masing dalam penanggulangan bencana tersebut. Jadi ini untuk kesiapsiagaan semua pihak," tegasnya.

Dengan begitu diharapkan bisa mendukung terwujudnya Tabalong yang siap siaga dan tangguh dalam penanggulangan bencana.(dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help