Kriminalitas Tanahbumbu

Gila! Tiga Pencuri Spesialis Rumah Kosong Ini Embat Semua Barang yang Bisa Dijual

Ketiga pelaku ditangkap dihari yang sama usai melakukan pencurian di rumah-rumah yang sedang kosong karena ditinggal keluar pemiliknya

Gila! Tiga Pencuri Spesialis Rumah Kosong Ini Embat Semua Barang yang Bisa Dijual
Istimewa
Sebanyak tiga tersangka kasus pencurian spesialis rumah kosong diringkus jajaran Polsek Kusan Hilir, Kabupaten Tanahbumbu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Sebanyak tiga tersangka kasus pencurian spesialis rumah kosong diringkus jajaran Polsek Kusan Hilir, Kabupaten Tanahbumbu.

Ketiga pelaku ditangkap dihari yang sama usai melakukan pencurian di rumah-rumah yang sedang kosong karena ditinggal keluar pemiliknya. Mereka ditangkap pada Minggu (24/12/17) dijam yang berbeda.

Adalah Saiful Rahman alias Ipul (24) warga Jalan Brigjen H Hasan Basri Gang Padaidi Rt 04 Desa Batuah Kecamatan Kusan Hilir, Surya Candra (25) warga Rt 1 Desa Mudalang Kecamatan Kusan Hilir serta Misra (26) warga Desa Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu.

Terakhir, pelaku melancarkan aksinya di Komplek SMPN 2 dijalan SMPN 2 Rt 5 Desa Batuah Kecamtan Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu. Dimana korbannya adalah seorang guru yang saat itu rumahnya ditinggal kosong.

Beberapa barang yang dicuri pelaku mulai dari HP hingga lemari kulkas. Pasalnya, kelompok pencurian rumah kosong tersebut mengembat semua yang bisa dijadikan uang.

Pelaku pun akhirnya bisa diringkus pada dimasing-masing rumahnya. Penangkapan pertama yaitu kepada Ipul sekitar pukul 15.00 wita, kemudian dikembangkan kepada Surya Candra pada pukul 15.30 wita dan terakhir kepada Misra sekitar pukul 16.00 wita.

Kapolsek Kusan Hilir Iptu Moersani, Minggu (31/12/17) mengatakan tiga pelaku merupakan komplotan pencurian dengan membongkar rumah kosong. Ada beberapa rumah yang berhasil dibongkar pelaku dan barangnya semua digondol untuk dijadikan uang.

"Pelaku secara berpasangan melakukan aksinya. Mereka selalu berdua melakukannya dan berbagi tugas sebegai eksekutor dan satunya pemantau sekitar," katanya.

Dari penangkapan terhadap pelaku, beberapa barang bukti yang diamankan yaitu satu unit sepeda ontel, mesin pompa air, dua buah helm, satu kulkas, hp merek samsung dan hp advan. Bahkan beberapa alat lainnya yang sudah sempat dijual pelaku seperti tabung gas.

"Mereka ini spesialis mencari rumah kosong. Jadi sebenarnya bukan rumah kosong melainkan rumah yang saat itu ditinggalkan pemiliknya atau sedang keluar bahkan yang sedang menginap ditempat lain," katanya.

Atas perbuatan pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman minimal 5 tahun kurungan penjara. (Man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help