Ekonomi dan Bisnis

Waduh! Tarif Sewa Mobil di Banjarmasin Naik, Ternyata Ini Penyebabnya

Penyewa rata-rata dua hari sebelumnya sudah melakukan pemesanan, bahkan ada satu minggu sebelumnya.

Waduh! Tarif Sewa Mobil di Banjarmasin Naik, Ternyata Ini Penyebabnya
banjarmasinpost.co.id/yayu fathilal
Tempat penyewaan mobil bernama Koperasi Jasa Penyewaan Mobil (Kosapem) Gotong Royong di Jalan Bank Rakyat nomor 21A, Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Liburan tahun baru kali ini, pengusaha rental mobil variatif dalam menentukan tarif sewa, ada yang menaikan tarif tetapi ada pula yang tidak menaikan harga sewa.

Bendahara Koperasi Jasa Persewaan Mobil Gotong Royong Bundaran Hasanudin HM Banjarmasin, H Zulkifli mengatakan, pada tahun baru kali ini sama halnya seperti tahun-tahun lalu, peminatnya tinggi dan pihaknya menaikan tarif sewa sekitar 30 persen.

Penyewa rata-rata dua hari sebelumnya sudah melakukan pemesanan, bahkan ada satu minggu sebelumnya. Libur panjang selalu membawa berkah bagi rental mobil, tidak terkecuali tahun baru.

Dijelaskannya, penyewa sebagian memberitahukan tujuan liburan, mengunjungi obyek wisata yang ada di luar kota di Provinsi Kalsel. Penyewa juga rata-rata mengendarai sendiri, tanpa sopir.

Tingginya permintaan, maka pihaknya menaikan harga sewa, rata-rata antara Rp 100.000 sampai Rp 200.000.

Lebih lanjut dia mengatakan, total mobil anggota Koperasi Jasa Persewaan Mobil Gotong Royong sebanyak 151 unit. Dirinya mengharapkan pada tahun baru ini semua unit disewa, tanda-tanda ramainya sewa mobil sudah terlihat sejak liburan natal.

"Hampir 50 persen mobil rental anggota Koperasi sudah dibooking. Tetap menjadi favorit adalah Toyota Avanza, karena memang muat penumpang lebih banyak dan irit bensin," katanya.

Jenis mobil yang tersedia di Koperasi selain Toyota Avanza juga ada Innova, Agya, Toyota Etios, Suzuki Splash, X-Over dan Suzuki Swift. Tarif sewa pun bervariasi, seperti Avanza per hari Rp 300 ribu sampai Rp 350 ribu.

Tarif sewa untuk mobil jenias Agya atau Suzuki Splash per hari Rp 350 ribu, Suzuki X-Over per hari Rp 500 ribu. Harga sewa itu belum termasuk honor sopir dan beli BBM ditanggung penyewa.

"Penyewa yang sudah dikenal boleh saja mengendarai mobil sendiri, tanpa sopir. Tetap ada jaminan, seperti KTP dan sepeda motor," imbunya.

Ditambahkannya, biaya tarif yang berlaku itu tidak termasuk untuk bahan bakar kendaraan roda empat. Honor sopir dikenakan Rp 150 ribu per hari.

Syarat Sewa Mobil di Koperasi Jasa Persewaan Mobil Gotong Royong Bundaran Hasanudin HM Banjarmasin

1. Memiliki rumah sendiri,
2. Menitipkan sepeda motor sebagai jaminan,
3. Menitipkan KTP

Penulis : Hasby

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help