Komunitas di Alalak Banjarmasin Ini Kian Intens Lestarikan Permainan Tradisional

Ketua Komunitas Bios Altra, Wahida Ony, menuturkan lomba tersebut digelar agar permainan tradisional lebih menggema lagi.

Komunitas di Alalak Banjarmasin Ini Kian Intens Lestarikan Permainan Tradisional
istimewa
ANAK-ANAK di Alalak, Banjarmasin, antusias bermain permainan tradisional yang digelar Komunitas Kampung Bermain Bina Olahraga Masyarakat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tak seperti biasanya, suasana di Jalan Alalak Utara Gang SDN 03 RT 7, Kelurahan Alalak Utara, Banjarmasin, disesaki warga setempat, akhir pekan lalu. Mereka menyemut di situ karena ingin menyaksikan permainan tradisional.

Kegiatan pelestarian permainan tradisional itu dihelat oleh komunitas Kampung Bermain Bina Olahraga Masyarakat (Bios Altra). Pelaksanaannya selama dua hari yakni mulai Minggu (31/12/2017) hingga Senin (01/01/2018).

Ada enam jenis permainan tradisional yang dimainkan sekaligus diperlombakam yaitu egrang, terompah, asinan, balogo, badaku, dan tarik tambang putra dan putri. Sekitar 130 orang dari enam RT dari anak-anak Taman Kanak-kanak hingga sampai SMA yang mengikuti lomba tersebut.

Mereka sangat antusias, termasuk warga yang menonton. Apalagi lomba itu disaksikan oleh orang-orang penting yakni Wakil Wali Kota Banjarmasin Hermansyah, Kadispora Banjarmasin Achmad Noor Djaya, Camat Banjarmasin Utara,d an pejabat lainnya.

Ketua Komunitas Bios Altra, Wahida Ony, menuturkan lomba tersebut digelar agar permainan tradisional lebih menggema lagi. Selama ini pihaknya hanya memainkan di lingkungan RT 7 Alalak utara.

"Melihat antusias masyarakat yang kian tinggi terhadap permainan tradisional, kami akhirnya berinisiatif menggelar lomba olahraga tradisional. Kami menggandeng enam RT yang ada di Alalak Utara. Alhamdulillah semuanya mendukung," ucap Ony, kemarin.

Hadiah dan piala pemenang, selain dari dirinya pribadi juga berasal dari sumbangan rekan-rekannya. "Tak cuma yang menang, yang kalah pun juga dapat hadiah berupa bingkisan sebagai tanda terima kasih atas keikutsertaan mereka," tandasnya.

Terpisah, salah seorang peserta, Aisyah mengaku sangat senang bisa meraih dua gelar di lomba permainan tradisional. "Saya mengikuti lomba engrang katagori putri dewasa dan berhasil meraih juara pertama," paparnya.

Selngkapnya simak di koran Banjarmasin Post edisi, Kamis (04/01/2018).

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help