Berita Jakarta

Presiden Resmikan Kereta Bandara, Masa ke Stasiun Pakai Jas?

Jokowi menggunakan kaus lengan panjang warna merah maroon yang dilengkapi kantong di sisi kiri. Selain itu, dia mengenakan sepatu snickers

Presiden Resmikan Kereta Bandara, Masa ke Stasiun Pakai Jas?
MAULANA MAHARDHIKA
Antusias masyarakat saat hari pertama uji coba kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampil kasual saat meresmikan Kereta Bandara Soekarno Hatta, Selasa (2/1). Jokowi menggunakan kaus lengan panjang warna merah maroon yang dilengkapi kantong di sisi kiri. Selain itu, dia mengenakan sepatu snickers Nike Roshe Run dengan warna merah.

“Masa mau ke stasiun kereta api pakai jas?” ucap Jokowi sembari tersenyum kepada awak media di Stasiun BNI City, Sudirman, Selasa (2/1).

Saat presiden tampil kasual, para menteri yang mendampingi tampil formal. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengenakan kemeja batik lengan panjang bernuansa cokelat tua bermotif bunga berwarna cokelat muda dan putih, yang dipadukan dengan celana hitam dan sepatu pantofel. Menteri Perhubungan, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto juga menegenakan batik lengan panjang. Demikian pula sejumlah menteri lainnya.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, pagi ini saya resmikan pengoperasian kereta Bandara Soekarno-Hatta,” ucap Jokowi di Stasiun KA Bandara Soeta, Tangerang, Provinsi Banten.

Menurut Jokowi, Kereta Bandara Soeta menjadi salah satu moda transportasi yang dapat mengurangi kemacetan di Jakarta. Diharapkan kereta bandara dapat terintegrasi dengan MRT, LRT dan Transjakarta. “Kita harap masyarakat tak lagi gunakan mobil pribadi tapi mau pindah transportasi massal umum yang aman, yang nyaman,” ucap Jokowi.

Pada 27 Desember 2017, dilakukan soft launching KA Bandara Soekarno-Hatta dengan tarif promo Rp 30 ribu per penumpang hingga 1 Januari 2018, dan setelah itu menjadi Rp 70 ribu per tiket.

Kereta Bandara Soekarno-Hatta melalui rute sejauh 37,6 kilometer yang ditempuh dalam waktu 55 menit. Jalur kereta sepanjang 25,3 kilometer merupakan jalur kereta eksisting dari Stasiun Manggarai sampai Stasiun Batu Ceper. Sedangkan 12,3 kilometer dari Stasiun Batu Ceper ke Stasiun Bandara Soekarno - Hatta merupakan jalur baru.

Pada awal pengoperasian, KA Bandara Soekarno-Hatta akan melayani penumpang dari Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Setiap harinya disiapkan 42 perjalanan dengan headway 60 menit. Jadwal keberangkatan dari Stasiun Sudirman Baru mulai pukul 03.51 WIB dan keberangkatan akhir pukul 21.51 WIB.

Jadwal keberangkatan dari Stasiun Bandara Soekarno-Hatta mulai pukul 06.10 WIB dan berakhir pukul 23.10 WIB.

Untuk mengangkut penumpang dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta, pada awal pengoperasian disiapkan 3 trainset kereta. Setiap trainset terdiri dari 6 kereta dengan 272 kursi pada setiap rangkaian, sehingga dalam 1 hari dapat diangkut kurang lebih 11 ribu penumpang.

Di setiap kereta juga dilengkapi priority seat bagi penyandang disabilitas, pendingin udara, layar TV LED untuk hiburan dan memberikan informasi posisi kereta. (tribun/sen)

Mau baca berita Banjarmasin Post dan Metro Banjar? klik DI SINI

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved