Ekonomi Bisnis

Mulai 2018 SID berubah Menjadi SLIK dan Jadi Kewenangan OJK, Begini Kelebihannya

Kewenangan pengelolaan data terkait perkreditan dan pembiayaan ini pun kini menjadi kewenangan dan ditangani Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mulai 2018 SID berubah Menjadi SLIK dan Jadi Kewenangan OJK, Begini Kelebihannya
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Pelayanan di OJK Banjarmasin Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mulai tahun 2018, semua informasi terkait perkreditan yang sebelumnya ditangani Bank Indonesia (BI) melalui Sistem Informasi Debitur (SID) diubah formatnya menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Kewenangan pengelolaan data terkait perkreditan dan pembiayaan ini pun kini menjadi kewenangan dan ditangani Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

SLIK merupakan infrastruktur penting di sektor jasa keuangan yang dapat digunakan oleh pelaku industri untuk mitigasi risiko, khususnya risiko kredit sehingga dapat membantu menurunkan tingkat risiko kredit bermasalah.

Baca: Pakai Rompi Oranye KPK, Bupati HST Abdul Latief Acungkan Jempol, Berharap Masih Ada Keadilan

Sedangkan bagi debitur atau masyarakat umum, keberadaan SLIK dapat dimanfaatkan untuk mengetahui data kredit perbankan seperti data pokok debitur, plafon kredit, baki debet, kualitas kredit, beban bunga, cicilan pembayaran serta denda atau penalti pinjaman.

SLIK juga bisa memberikan informasi mengenai status agunan serta rincian penjamin kredit dan keberadaan SLIK juga mampu mendukung perluasan akses kredit atau pembiayaan.

Dengan format SLIK, cakupan pelapor menjadi lebih luas termasuk Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), BPR Syariah, Lembaga Pembiayaan, Lembaga Jasa Keuangan (LJK) lainnya dan bahkan lembaga selain LJK.

Baca: Live Streaming Liverpool vs Everton : The Kops Pincang di Derby Merseyside Piala FA 2018

Masyarakat maupun stakeholder perkreditan atau pembiayaan bisa manfaatkan SLIK OJK melalui layanannya melalui telepon call center OJK di 157.

SLIK juga bisa diakses dengan langsung mengunjungi kantor-kantor OJK yang tersebar di 37 Kota di Indonesia termasuk Kantor OJK Regional IX Kalimantan.

Ketentuan terkait SLIK diatur dalam POJK No.18/POJK.03/2017 dan SEOJK No.50/SEOJK.03/2017 Tentang Pelaporan dan Informasi Debitur Melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan.

Baca: Oknum Polisi Dalang Rampok Mobil Bank Mandiri Ditangkap di Rumah Adiknya di Jalan Golf Banjarbaru

“Pelaksanaan SLIK pada hari pertama berjalan lancar. Jaringan, database dan infrastruktur pendukung berjalan baik. Pegawai yang bertugas juga sudah mampu melayani dengan baik dan ramah,” kata Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik Anto Prabowo dalam press release OJK untuk Banjarmasin Post.(*)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved