Intenasional

Rahasia Cara Kerja Parasit Mematikan Malaria Terungkap, Bisa Jadi Jalan untuk Vaksin Baru

Lebih dari 70 tahun para ilmuwan berjibaku untuk memahami karakter salah satu jenis parasit malaria, Plasmodiumm Vivax.

Rahasia Cara Kerja Parasit Mematikan Malaria Terungkap, Bisa Jadi Jalan untuk Vaksin Baru
net
nyamuk malaria

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sejak dulu hingga kini penyakit malaria masih menjadi momok bagi dunia kesehatan manusia. Pasalnya, vaksin malaria yang ada sekarang belum sepenuhnya membersihkan parasit di dalam sel darah.

Lebih dari 70 tahun para ilmuwan berjibaku untuk memahami karakter salah satu jenis parasit malaria, Plasmodiumm Vivax. Malaria jenis ini merajalela di wilayah Asia Pasifik, khususnya Papua Niugini, dan termasuk nomor dua paling ganas di dunia.

Parasit ini hanya menyerang sel darah merah termuda dan bisa "mati suri" selama bertahun-tahun tanpa terdeteksi. Ini adalah ciri khusus yang membedakannya dengan malaria jenis lain, seperti Plasmodium falciparum.

Menurut WHO, malaria adalah parasit di dalam darah yang disebarkan oleh nyamuk. Pada tahun 2015, tercatat sekitar 8,5 juta kasus malaria terjadi di seluruh dunia dan 3100 di antaranya berakhir dengan kematian.

Baca: Beredar Video Ketua PSSI Edy Rahmayadi Bagi-bagi Uang, Begini Klarifikasi Cagub Sumatera Utara Itu

Baca: Ini Daftar Mobil-mobil Mewah Bupati HST Abdul Latif, Harganya Selangit Pasti Bikin Kamu Terbelalak

Baca: Ini Sosok Wanita Cantik yang Baru Dinikahi Bupati HST Abdul Latif Sebelum Terkena OTT KPK

Namun, tampaknya teror ini akan segera berakhir. Dua tim peneliti di Australia meyakini telah memecahkan misteri parasit malaria tersebut dan akan mengembangkan vaksin yang berpotensi mematikannya.

"Pada dasarnya, dari sudut pandang sains dasar, saya pikir kita telah menjawab salah satu misteri besar," kata Wai-Hong Tham dari Walter and Eliza Hall Institute yang memimpin salah satu tim.

Hal senada juga dikatakan Profesor James Beeson dari Burnet Institute di Melbourne yang secara kebetulan meneliti jenis nyamuk yang sama dengan Tham.

malaria p.vivax
malaria p.vivax ((malaria p.vivax watoday))
Halaman
123
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved