BanjarmasinPost/
Home »

Bisnis

» Mikro

Ekonomi dan Bisnis

Diterapkan Seperti HET, Tahun Ini Pemerintah Akan Patok Harga Jual Daging Ayam dan Telur

ahun ini, Kementerian Perdagangan (Kemdag) akan mematok harga jual daging dan telur ayam di tingkat produsen maupun konsumen.

Diterapkan Seperti HET, Tahun Ini Pemerintah Akan Patok Harga Jual Daging Ayam dan Telur
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Turkiah, Pedagang ayam di Pasar Martapura. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Kabar tak sedap bagi industri peternakan unggas di Tanah Air. Tahun ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mematok harga jual daging dan telur ayam di tingkat produsen maupun konsumen.

Instrumen yang digunakan mirip dan serupa dengan beleid harga eceran tertinggi (HET) bahan pangan lain. Rencana ini mencuat setelah Kemdag melihat liarnya lonjakan harga daging ayam dan telur pada Januari 2018.

Menurut data Kemendag, 4 Januari 2018, harga daging ayam nangkring di level Rp 33.829 per ekor, harga telur melompat ke posisi Rp 25.824 per kilogram.

Memang, Peraturan Menteri Perdagangan No. 27/M-DAG/PER/5/2017 tentang Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen, pemerintah juga menetapkan harga acuan tertinggi telur di tingkat produsen Rp 18.000 per kg.

Baca: Gawat, Menteri Kemaritiman Luhut Larang Menteri Susi Tenggelamkan Kapal Tahun Ini, Ini Alasannya

Baca: Permintaan Paspor di Indonesia Tahun 2017, Selain Faktor Umrah, Tiga Hal Ini Juga Jadi Penyebabnya

Baca: Daftar Rekomendasi Game Khusus PC dan Konsol 2018, No 3 Adaptasi Dari Assasins Creed

Sedangkan harga acuan tertinggi di tingkat konsumen Rp 22.000 per kg. Sementara harga acuan daging ayam di tingkat peternak Rp 18.000 per kg dan harga acuan di level konsumen Rp 32.000 per kg.

Namun, pemerintah menilai penetapan harga acuan itu kurang efektif mengendalikan harga ayam dan telur.

Alhasil, kata Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemdag Tjahya Widayanti, pemerintah akan memperketat kendali harga bahan pangan ini agar tidak bergerak liar dalam rentang terlalu lebar.

Dia menandaskan, Kemdag masih menggodok ketentuan tersebut. Secara umum, aturan ini akan menetapkan batas bawah dan batas atas harga telur dan ayam.

"Tahap awal akan ditetapkan di tingkat produsen lebih dahulu," kata Tjahya kepada KONTAN, kemarin, tanpa menjelaskan rentang harganya dan waktu penerapannya. (*)

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com berjudul: Pemerintah Akan Patok Harga Jual Daging Ayam dan Telur

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help