Berita Nasional

Permintaan Paspor di Indonesia Tahun 2017, Selain Faktor Umrah, Tiga Hal Ini Juga Jadi Penyebabnya

Faktor kedua menurutnya perubahan tren jemaah haji menjadi jemaah umrah, juga menjadi penyebab lonjakan permintaan paspor.

Permintaan Paspor di Indonesia Tahun 2017, Selain Faktor Umrah, Tiga Hal Ini Juga Jadi Penyebabnya
BANJARMASINPOST.CO.ID/Nia Kurniawan
Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin buka pelayanan khusus paspor jemaah calon haji setiap Sabtu dan Minggu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Tahun 2017permintaan paspor di tanah air mengalami peningkatan.

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Agung Sampurno mengatakan bahwa banyaknya paket perjalanan murah ke luar negeri mendorong lonjakan permintaan paspor.

"Banyaknya paket perjalanan murah ke luar negeri mendorong lonjakan permintaan paspor. Itu juga salah satu faktor perubahan perilaku masyarakat," ungkap Agung Sampurno.

Paket murah tersebut dinilai sangat mendorong perkembangan orang Indonesia yang berlibur ke luar negeri. Meski jadi penyebab pertama lonjakan, tetapi ia tidak memungkiri adanya faktor-faktor lain yang juga mendukung lonjakan permintaan paspor.

Selain itu, faktor kedua menurutnya perubahan tren jemaah haji menjadi jemaah umrah, juga menjadi penyebab lonjakan permintaan paspor.

Baca: Dibujuk Agar Urungkan Niat Gugat Cerai Istri, Ahok Justru Bilang Begini kepada Pengacaranya

Antrean panjang pemberangkatan haji, juga memberikan efek peningkatan tren wisata religi umrah. Sebagian masyarakat lebih cenderung memilih berangkat umrah terlebih dahulu.

Selanjutnya, jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja ke luar negeri. WNI ini menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), yang mayoritas di negara Asia Pasifik.

Berdasarkan data Ditjen Imigrasi, yang disampaikan lewat siaran pers pada KompasTravel, Minggu (7/1/ 2018) tahun 2017, permohonan paspor mencapai 3.093.000. Meningkat jika dibandingkan tahun 2016 yang 3.032.000, dan tahun 2015 yang 2.878.099.

Meski berbeda-beda peningkatannya, Agus mengatakan ketiga motif tersebut mengalami peningkatan. 

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved