Ekonomi dan Bisnis

Pemerintah Tetapkan HBA, Ini Kata Ketua Aspektam

Harga batu bara di 2018 ini tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Walau pemerintah sudah menetapkan harga batu bara acuan (HBA)

Pemerintah Tetapkan HBA, Ini Kata Ketua Aspektam
ist
Ilustrasi aktivitas pertambangan batu bara 

BANJARMASINPOST.CO.ID— Harga batu bara di 2018 ini tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Walau pemerintah sudah menetapkan harga batu bara acuan (HBA) tidak akan memberi manfaat bagi para penambang, khususnya untuk tambang non PKP2B.

Diungkapkan Ketua Asosiasi Pemegang Izin dan Kontraktor Tambang (Aspektam) Kalsel, Solihin, Selasa (9/1). Menurutnya, dikarenakan untuk penetapan harga dilapangan mengikuti mekanisme pasar sesuai transaksi dan negosiasi di lapangan.

“HBA tersebut hanya digunakan pemerintah untuk menarik royalti dan atau PNBP, jadi sulit bisa dapat harga sesuai HBA dilapangan,” katanya.

Baca: Instruksi Wakil Bupati Kotabaru Tak Jalan, PKL Tetap Berjualan di Taman Masjid Raya Husnul Khotimah

Lebih lanjut dia mengatakan, aktifitas operasional tambang saat ini belum optimal, terkendala masih tingginya curah hujan. Sedangkan untuk permintaan pasar masih baik dan menjanjikan.

“Saat ini tidak banyak ada perubahan dilapangan, masih sama seperti bulan desember 2017,” imbuhnya.

Adapun harga batu bara saat ini untuk kalori rendah gar 3600 - 3800di seputara Kabupaten Banjar dan Tapin, dengan harga rata rata Rp 385.000 per ton fob tongkang.

Penulis: Hasby
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help