Berita Kotabaru

Kelumpang Tengah Kotabaru Aktifkan Poskamling Pasif, Begini Maksudnya

Pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) menjadi tugas pokok fungsi kepolisian dalam

Kelumpang Tengah Kotabaru Aktifkan Poskamling Pasif, Begini Maksudnya
BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah
Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Kelumpang Tengah, AKP Aryansyah SIK, terus melakukan upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Desa Geronggang dan wilayah lainnya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Kelumpang Tengah, AKP Aryansyah SIK, terus getol melakukan upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Desa Geronggang dan wilayah lainnya.

Pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) menjadi tugas pokok fungsi kepolisian dalam hal pencegahan potensi gangguan kamtibmas, selain tatap muka melalui kegiatan sambang desa.

Tapi kegiatan itu sekaligus mengaktifkan kembali kegiatan pamswakarsa atau poskamling di lingkungan masyarakat. Terlebih meningkatkan sistem kegiatan pamswakarsa.

Tentunya hal itu tidak terlepas pula keaktifan anggota Bhabinkamtibmas sebagai unjung tombak Polri dalam hal kegiatan harkamtibmas.

Seperti dilaksanakan Bhabinkamtibmas Desa Geronggang, Kecamatan Kelumpang Tengah Bripka Saiman Riyanto Sirait.

Upaya meningkatkan kewaspadaan masyarakat, selain mengaktifkan kembali poskamling. Pertemuan digagas Bripka Saiman yaitu, melakukan pembentukan piket jaga poskamling.

Diakui Aryansyah, cukup antusias masyarakat yang hadir selain dari LSM FKPM, karang taruna, ketua RT serta beberapa tokoh masyarakat desa Geronggang.

"Kegiatan rapat bersama dengan para komunitas masyarakat juga dalam upaya pengaktifan kembali pos kamling di RT 02 khusunya, karena sudah lama pasif dan bersama melakukan kesepakatan tentang pelaksanaan piket jaga pos kamling," kata Aryansyah, Rabu (10/1/2018).

Pada kesempatam itu sekaligus dilakukan tanya jawab atau penyampaian pendapat, penanganan masalah. Terkait apabila ditemukan pelanggaran yang membahayakan kamtibmas serta faktor kendala yang mungkin dihadapi oleh piket posamling dalam pelaksanaan piket.

"Karena menjaga keamanan ketertiban masyarakat merupakan tanggung jawab kita bersama dalam pemeliharaan kamtibmas," jelasnya.

Oleh karena dengan lebih diaktifkannya poskamling, kewaspadaan lebih meningkat. Sehingga potensi gangguan kamtibmas dapat dicegah.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help