BanjarmasinPost/
Home »

Bisnis

» Mikro

Ekonomi dan Bisnis

Begini Dampak Rencana Penetapan HET Ayam dan Telur Terhadap Emiten

Munculnya pembahasan penetapan harga eceran tertinggi (HET) ayam dan telur sempat membuat harga saham beberapa emiten melemah.

Begini Dampak Rencana Penetapan HET Ayam dan Telur Terhadap Emiten
istimewa
Peternak ayam 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Munculnya pembahasan penetapan harga eceran tertinggi (HET) ayam dan telur sempat membuat harga saham beberapa emiten melemah.

Saham para emiten yang bergerak di industri yang terkait perunggasan seperti PT Japfa Comfeed Indonesia (JPFA), PT Malindo Feedmill (MAIN) dan PT Charoon Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) sempat terimbas.

Senin (8/1/2018) di saat berita terkait penetapan HET ayam dan telur beredar, saham JPFA sempat ditutup melemah 55 poin di angka 1335 dari sebelumnya 1390 perlembar saham.

Saham MAIN pada saat yang sama melemah 20 poin yaitu di angka 715 dari sebelumnya 735 dan kembali melemah usai penutupan perdagangan saham sesi pertama Kamis (11/1/2018) menjadi 695 perlembar saham.

Baca: Wah Gurun Terpanas Dunia, Sahara Ditutupi Salju, Heboh Ramalan Anggun 21 Tahun Lalu?

Baca: Fenomena Langka! Gurun Sahara yang Biasa Sangat Panas Ditutupi Salju, Ini Penampakannya

Pun demikian dengan saham CPIN sempat melemah 230 poin di angka 3270 dari sebelumnya 3500 juga kembali melemah usai penutupan perdagangan saham sesi pertama Kamis (11/1/2018) menjadi 3190 perlembar saham.

Jika benar diterapkan, maka nantinya para emiten yang bergerak di industri perunggasan yang termasuk dalam sektor basic industry ini diperkirakan mengalami penurunan marjin keuntungan.

Apalagi bagi perusahaan yang mengandalkan penjualan ayam broiler sebagai core businessnya.

Seperti diketahui, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (RI) berencana menetapkan HET ayam dan telur karena harga kedua komoditas tersebut kerap berfluktuasi.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help