BanjarmasinPost/

Berita Kotabaru

4 Tahun Mangkrak, Kemenhub Janji Tuntaskan Dua Dermaga Proyek Mangkrak di Pulau Sembilan

Kabar menggembirakan bagi warga Kecamatan Pulau Sembilan. Terlebih mereka tinggal di Pulau Marabatuan dan Matasirih.

4 Tahun Mangkrak, Kemenhub Janji Tuntaskan Dua Dermaga Proyek Mangkrak di Pulau Sembilan
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Bupati Kotabaru Sayed Jafar dan pihak Kementerian Perhubungan saat meninjau dua dermaga di Pulau Sembilan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Kabar menggembirakan bagi warga Kecamatan Pulau Sembilan. Terlebih mereka tinggal di Pulau Marabatuan dan Matasirih. Itu menyusul rencana Kementerian Perhubungan melanjutkan pembangunan dua dermaga di wilayah itu.

Pasalnya, lebih empat tahun pekerjaan pembangunan dua dermaga bersumber dari APBN dihentikan. Penyebabnya tidak dilanjutkan setelah adanya peraturan sepihak pemerintah pusat. Pulau Sembilan masuk kawasan cagar alam setelah adanya Kepmen Kehutanan 435.

Rencana akan dilanjutkan pembangunan dua dermaga yang mangkrak selama bertahun-tahun. Hanya sempat dikerjakan sampai pada pekerjaan tiang pancang.

Dikemukakan Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo. Saat melakukan kunjungan ke Pulau Sembilan sekaligus meninjau pembangunan dua dermaga.

Baca: Kisah Tanjung Dewa, Kerajaan Gaib di Kotabaru Selain Saranjana, Simak Kesaksikan Seorang Nelayan

Wahju mengakui terhentinya pekerjaan pembangunan dua dermaga karena kawasan pembangunan berada dalam cagar alam.

Ia memastikan tahun ini pembangunan dua dermaga dituntaskan, saat kunjungan yang didampingi Bupati Kotabaru.

Bersama-sama perwakilan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum untuk menyelesaikan pembangunan dua dermaga tersebut.

Dengan diselesaikannya pembangunan, kata Wahju, penghubung transportasi masyarakat bisa terbantu apalagi letaknya sangat strategis.

Baca: Hiii, Nelayan Pernah Lihat Penampakan Keraton di Pulau Tak Berpenghuni Tanjung Dewa Kotabaru

"Untuk permasalahan lokasi sudah selesai kami koordinasiakan dengan pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sudah tidak ada masalah lagi," jelasnya.

Selain itu, tambah Wahju, ia juga sudah menyempaikan permasalahan terhambatnya pembangunan dua dermaga ke Menteri Perhubungan.

"Alhamdulillah respon bapak menteri sangat baik sekali dengan memerintahkan agar dua pelabuhan ini diselesaikan tahun ini serta dilelangkan secepatnya," ucapnya.

Terpisah, Bupati Kotabaru Sayed Jafar mengungkapkan, bersyukur rencana dilanjutkannya pembangunan dermaga di Pulau Marabatuan dan Matasirih.

"Adanya pelabuhan ini masyarakat Pulau Sembilan tidak perlu dua kali mengeluarkan biaya dan menaiki perahu nelayan. Karena kapal perintis bisa sandar di dermaga," katanya.(*)

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help