BanjarmasinPost/

Berita HSU

Hebat, RSUD Pembalah Batung Amuntai Terakreditasi Bintang Lima, Begini Proses Penilaiannya

umah Sakit Pembalah Batung Amuntai belum lama ini mendapatkan akreditasi bintang lima atau paripurna dari KARS) versi 2012.

Hebat, RSUD Pembalah Batung  Amuntai Terakreditasi Bintang Lima, Begini Proses Penilaiannya
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pembalah Batung saat ini tengah mempersiapkan penambahan fasilitas hemodialisis, 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Rumah Sakit Pembalah Batung Amuntai belum lama ini mendapatkan akreditasi bintang lima atau paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) versi 2012.

Perjuangan yang cukup panjang untuk mendapatkan nilai sempurna, dari berbagai penilaian. Direktur RSUD Pembalah Batung Amuntai dr Agus Fidliansyah mengatakan pihaknya telah berusaha maksimal untuk mendapatkan penilaian terbaik.

Semua penilaian terdiri dari 16 Pokja yang memiliki banyak item penilaian. "Ada sekitar 1200 item penilaian dari seluruh pelayanan," ujarnya.

Baca: Persiapkan Tiga Bulan Pementasan Sendratasi Menjalung Ratu Zaleha, Libatkan Ratusan Penari

Penilaian ini melibatkan seluruh pegawai RSUD Pembalah Batung, karena setiap proses pelayanan memiliki SOP yang wajib dilaksanakan. Seperti saat penerimaan pasien rawat inap, identitas pasien dan gelang yang dikenakan berdasarkan warna harus benar benar tepat. Agar tidak ada kesalahan dalam pemberian tindakan.

Proses Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) juga diperiksa setiap tahapannya, dan beruntung tidak ada kendala karena seluruhnya dilakukan sesuai prosedur.

Memperoleh bintang lima dalam akreditasi KARS merupakan sebuah prestasi, mengingat tidak semua rumah sakit umum daerah di Kabupaten lain yang dapat memperoleh bintang lima.

Baca: Tolak SK Menteri ESDM, Sanggar Djoewita Gelar Doa Bersama untuk Meratus, Warga HST Diminta Hadir

"Dengan akreditasi ini membuktikan bahwa pelayanan di RSUD Pembalah Batung terus mengalamibperbaikan," ungkapnya.

Namun dr Agus meambahkan pihaknya akan terus melakukan perbaikan dalam memberikan pelayanan dan infrastruktur. Seperti sebentar lagi bakal ada layanan hemodialisis atau cuci darah.

Pihak rumah sakit juga telah menyediakan ruangan, dan pada pertengahan tahun 2018 rencananya akan ada delapan unit alat hemodialisis yang akan tersedia.

Penambahan pelayanan rumah sakit akan terus dilakukan, termasuk infrastrukturnya belum lama ini ini ada penambahan ruang perawatan untuk poli mata.(*)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help