Pria Ini Sarankan Rusunawa Dibangun Bernuansa Banjar

Terpisah, Tim Leader Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Provinsi Kalsel, Iwan Setiawan, melihat program pembangunan rusanawa

Pria Ini Sarankan Rusunawa Dibangun Bernuansa Banjar
banjarmasinpost.co.id/aya suganto
Rusunawa 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Terpisah, Tim Leader Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Provinsi Kalsel, Iwan Setiawan, melihat program pembangunan rusanawa di Banjarmasin sangat bagus untuk mengurangi kekumuhan di kota ini.

"Dari aturan yang ada, Banjarmasin wajib mempunyai Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebanyak 20 persen dari luas kota. Saat ini RTH Banjarmasin belum sampai 20 persen. Rusanawa sangat bagus mengurangi kekumuhan kota," katanya.

Ditambahkannya, dengan keberadaan rusanawa di Banjarmasin secara bertahap akan menhapus kawasan padat penduduk yang nantinya bisa dijadikan RTH.

Selain itu rusanawa juga akan mengurangi kawahan kumuh di bantaran sungai, kawasan rawan bencana dan di wilayah SUTET.

Baca: Wow, di Zaman Penjajahan di Barabai Sudah Ada Bioskop, Pakai Nama Ratu Belanda! Ini Dia

Baca: Dulu Tempat Nonton Film di Zaman Penjajah, Begini Nasib Bioskop Juliana Barabai Kini

Baca: Kisah Tuan Paul, Orang Jerman Pemilik Rumah yang Kini Ditempati Wakil Bupati HST

"Bisa saja rusanawa yang dibangun itu lebih dari satu kawasan dalam sebuah kecamatan," terangnya.

Ke depan, sambung Iwan, rusanawa yang dibangun jangan lagi bentuk konsensional.

Namun bisa didesain sedemikian rupa agar penghuni atau penyewa rusanawa itu menjadi betah dan tidak syok saat pindah ke rusanawa.

"Saya usul rusanawa ke depan di Banjarmasin itu berdesain Banjar yang dilengkapi dengan RTH. Bentuk rusanawa yang ada saat ini itu kotak-kotak dan kaku serta tidak seperti rumah. Sangat bagus jika rusanawa baru nantinya bernuansa Banjar," katanya.

Rusanawa masa depan, sambungnya, perlu dilengkapi pusat pendidikan dan pendidikan agama sehingga warga yang menyewa di rusanawa itu nanti secara bertahap juga maju pemikirannnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help