Serambi Ummah

Arab Saudi Terapkan Pajak Pertambahan Nilai, Travel di Banjarmasin Ini Tidak Naikkan Tarif Umrah

Travellindo belum menaikkan dan tetap ada tiga paket yang ditawarkan mulai dari harga terendah, Rp 22,800.000 yang 9 hari

Arab Saudi Terapkan Pajak Pertambahan Nilai, Travel di Banjarmasin Ini Tidak Naikkan Tarif Umrah
sreenshot/serambi ummah
Jemaah Umrah Indonesia 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kenaikan atau pemberlakuan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 5 persen di Arab Saudi, terutama akomodasi hotel dan sarana transportasi bus di Tanah Suci, ternyata sudah diketahui para pengelola travel haji dan umrah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Menarik memang, jika pemilik travel atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) tidak akan menaikkan tarif, mengambil keuntungan berlebihan akibat penerapan PPN sebesar 5 persen ini.

Satu di antaranya, Travellindo Group. Menurut managernya, Hendarsah untuk menyiasati dan menekan agar tidak naik di kemudian hari akan sulit. Menurut dia, pasti akan ada kenaikan meski prediksinya tidak signifikan.

Baca: Arab Saudi Terapkan Pajak Pertambahan Nilai 5 Persen, Tarif Umrah Bakal Melambung

Baca: Profil Try Sutrisno, Anak Supir Ambulans yang Jadi Panglima ABRI dan Wakil Presiden

"Kenaikan pajak 5 persen semua kebutuhan di Arab Saudi itu, untuk internal Travellindo masih belum. Karena pemilik bukan saya, sehingga sementara masih belum ada perintah untuk menaikkan," kata dia.

Menurut Hendarsah, kemungkinan nanti akan ada perubahan atau penyesuaian harga. Itu pasti, karena costnya pasti bertambah. Meskipun bukan akomodasi penerbangan dari Indonesia ke Arab Saudi yang naik.

Untuk katering, bus dan hotel, juga dibebankan pajak dari pemerintahan. Isya Allah pasti akan ada penyesuasian. Tapi, kapan penyesuaian itu masih belum. Mungkin kisaran Maret," kata dia.

Baca: Kepala Kemenag Kalsel: Waspadai Travel Umrah Abal-abal, Jangan Tergiur Biaya Murah dan Cicilan

Menurut prediksinya, ketersesuaian harga itu relatif, Sebab masih 5 persen. “Tidak banyak juga sih, karena itu kan include di hotel, termasuk katering dan bus," kata dia.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help