Jangan Remehkan Ikan Kembung, Ternyata Gizinya Lebih Tinggi dari Salmon, Ini Penjelasan Ahli

Ikan kembung atau ikan peda sangat dikenal masyarakat, terutama di Banjarmasin. Ikan ini memiliki kandungan gizi lebih tinggi

Jangan Remehkan Ikan Kembung, Ternyata Gizinya Lebih Tinggi dari Salmon, Ini Penjelasan Ahli
Istimewa
Ikan Kembung 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ikan kembung atau ikan peda sangat dikenal masyarakat, terutama di Banjarmasin. Ikan ini memiliki kandungan gizi lebih tinggi dan harga yang lebih terjangkau dari ikan salmon.

Dijelaskan Wahyu Hardi Prasetiyo, SSTG, MPH, RD / Dietetesien RSUD Ulin Banjarmasin, jika ikan salmon dinyatakan kaya omega 3, ternyata omega 3 yang dimiliki ikan kembung lebih tinggi.

Gizi dari 100 gr ikan kembung mengandung energi 162 kkal, protein 19,32gr, lemak tak jenuh 2,343 gr, zat besi 1 mg, dan kalsium 20 mg.

"Paling mengejutkan adalah omega 3 yang terdapat pada ikan kembung tiga kali lebih besar daripada ikan salmon," ujarnya.

Omega 3 merupakan jenis lemak tak jenuh yang hanya bisa diperoleh dari asupan makanan maupun suplemen yang bersumber dari ikan kembung, ikan salmon, ikan tuna, minyak kanola, walnut, kacang kenari, kacang kedelai, alpukat dan lainnya.

Baca: Heboh Video Mesum Pelajar Banjarmasin, Ternyata Siswa Semarang Sudah Tonton Video Porno Pelajar SMP

Asupan omega 3 dibutuhkan bagi tubuh, terutama untuk janin, ibu hamil, serta anak-anak. Untuk orang dewasa, omega 3 bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung, menyehatkan mata, anti inflamasi, membantu penyerapan vitamin, sampai meningkatkan perkembangan anak.

"Bahkan ikan kembung yang sudah diolah menjadi ikan asin dan ikan kemasan dalam kaleng masih memiliki kandungan omega 3 yang tinggi," papar Wahyu yang juga Koordinator Bidang Gizi Klinik dan Gizi Institusi Persagi Cabang Kalsel.

Baca: Persebaya Vs PS TNI, Skor Babak Pertama 0-0, Petaka Miswar, Link Live Streaming Indosiar di Sini

Ada baiknya ikan kembung menjadi bagian prioritas sumber protein hewani yang hadir dalam menu keluarga Anda 2-3 kali seminggu.

Jika dalam keluarga ada putra putri yang masih balita, pra sekolah, sekolah, maka sangat bagus mengonsumsi ikan kembung.

Untuk keluarga, konsumsi 100gr/hari (2 potong sedang) ditambah lauk variasi lain, itu sudah mendukung kelengkapan sajian zat gizi bagi tubuh sebagai kelengkapan harian Anda.

Ingat, tidak ada satu pun bahan makanan yang lengkap nilai gizinya, jadi perlu ditunjang bahan makanan lain agar menjadi lengkap atau seimbang. Salam gizi sehat. Jangan lupa konsumsi ikan.

Penulis: Salmah
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved