HSU Bertakwa

Kisah Lok Bangkai, Dulu Desa Langganan Banjir, Tak Terduga Begini Kondisinya Kini!

Beberapa tahun lalu Desa Lok Bangkai Kecamatan Banjang hampir setiap tahun mengalami banjir akibat luapan sungai Balangan.

Kisah Lok Bangkai, Dulu Desa Langganan Banjir, Tak Terduga Begini Kondisinya Kini!
BANJARMASINPOST.co.id/reni kurnia wati
Kepala Desa Lok Bangkai, Abdul Basit, berdiri diatas dek siring penahan banjir akibat luapan sungai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Beberapa tahun lalu Desa Lok Bangkai Kecamatan Banjang hampir setiap tahun mengalami banjir akibat luapan sungai Balangan.

Namun saat ini warga telah terbebas dari musibah banjir dengan dibangunnya penahan banjir menggunakan Dana Desa.

Desa Lok Bangkai yang memiliki 441 Kepala Keluarga (KK) ini memang sebagian besar daerah rawa dan kondisi tanah cukup rendah.

Untuk menghindari terjadinya banjir aparat desa terus berupaya untuk membuat dek siring penahan banjir di sepanjang pinggiran sungai terlebih sejak tahun 2014.

Kepala Desa Lok Bangkai, Abdul Basit, mengatakan penahan banjir dibangun berupa dek siring dan jalan yang ditinggikan dengan fungsi ganda selain untuk jalan juga penahan air ganda.

Jalan penghubung antar kampung di Desa Lok Bangkai, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Foto dirilis Kamis (18/1/2018)
Jalan penghubung antar kampung di Desa Lok Bangkai, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Foto dirilis Kamis (18/1/2018) (BANJARMASINPOST.co.id/reni kurnia wati)

Sepanjang tepian sungai dibangun dek siring yang tingginya disesuaikan dengan kondisi tanah hingga memastikan luapan air sungai tidak bisa memasuki desa.

“Pembangunannya dilakukan bertahap selama beberapa tahun hingga saat ini terbangun dek siring dan jalan yang juga berfungsi untuk menahan air sepanjang 300 meter, saat musim penghujan warga tidak lagi khawatir dengan banjir,” ungkapnya.

Pelaksanaan program Paket C di Desa Lok Bangkai, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Foto dirilis Kamis (18/1/2018)
Pelaksanaan program Paket C di Desa Lok Bangkai, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Foto dirilis Kamis (18/1/2018) (BANJARMASINPOST.co.id/reni kurnia wati)

Saat ini aparat desa hanya tinggal melakukan pemeliharaan jika terdapat kerusakan pada dek siring.

Pada tahun lalu juga terdapat tujuh ruas jalan yang dibangun sehingga delapan RT yang ada di Desa Lok Bangkai telah terhubung.

Kemudian, pada tahun 2018 rencananya kembali akan dibangun jalan mengganti jalan titian yang saat ini sudah mulai lapuk.

Pelaksanaan program Paket C di Desa Lok Bangkai, HSU. Foto dirilis Kamis (18/1/2018)
Pelaksanaan program Paket C di Desa Lok Bangkai, HSU. Foto dirilis Kamis (18/1/2018) (BANJARMASINPOST.co.id/reni kurnia wati)
Halaman
123
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved