Berita Regional

Pemilik Akun Twitter yang Mengancam Mau Tembak Presiden Jokowi Terus Diburu

Jagad dunia maya digegerkan dengan cuitan seorang pemuda yang berencana membunuh Presiden Joko Widodo (jokowi).

Pemilik Akun Twitter yang Mengancam Mau Tembak Presiden Jokowi Terus Diburu
TribunStyle.com/ Kolase
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Jagad dunia maya digegerkan dengan cuitan seorang pemuda yang berencana membunuh Presiden Joko Widodo (jokowi). Pemilik akun kini dalam pencarian polisi.

Polresta Surakarta masih menyelidiki pemilik akun twitter @AchmadBassrofi yang menuliskan cuitan balasan bernada ancaman terhadap Presiden Jokowi.

"Masih kita lakukan penyelidikan mendalam terhadap pemilik akun itu," kata Kasatreskrim Polresta Surakarta, Kompol Agus Puryadi saat dikonfirmasi di Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/1/2018).

Akun twitter @AchmadBassrofi tersebut menuliskan cuitan balasan milik akun @JajangRidwan19 pada Senin (15/1/2018) pukul 10.43 WIB. Sampai saat ini sudah di-retweet hingga 25 kali oleh warganet.

Baca: Lengan Diborgol dan Leher Diancam Pisau, Karyawati Bank Lolos dari Perampokan Sopir Taksi Online

Adapun cuitan balasan yang dibuat oleh akun @AchmadBassrofi itu berbunyi, "Tembak mati jokowi sampai darah keturunannya memakai mandat utama patriot kepahlawanan para pahlawan pejuang bangsa dan negara kesatuan republik indonesia(indonesia) sah dan mutlak menjadi pahlawan tunggal negara negara kesatuan republik indonesia(indonesia)."

Menanggapi maraknya akun media sosial yang menyebarkan ancaman maupun kebencian, Koordinator Software Development UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi UNS Solo, Winarno menambahkan, perlu pemberian pemahaman terhadap masyarakat tentang literasi media dan etika berinternet sehat.

"Masyarakat perlu dibekali internet sehat dan literasi media. Sehingga masyarakat dapat mengetahui mana itu berita yang benar atau tidak," ungkap dia dikonfirmasi terpisah.

Baca: Berkicau Ancam Bunuh Presiden Jokowi, Akun @AchmadBassrofi Diserbu Warganet dan Dicari Polisi

Menurutnya akun media sosial tersebut sengaja diciptakan untuk menggiring opini masyarakat. Akun tersebut tiba-tiba muncul dan membuat heboh dan kemudian akhirnya tidak muncul kembali.

"Akun seperti itu memang sengaja diciptakan untuk menggiring opini agar masyarakat merasa yang tersebar itu yang benar," ungkap dosen informatika UNS.

Berita ini telah tayang di KOMPAS.com berjudul: Memburu Pemilik Akun Twitter yang Mengancam Presiden Jokowi

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help