Berita Kotabaru

Pengunjung Keluhkan Harga Makanan di Wisata Kuliner Siringlaut Mahal, Ini Tanggapan Kadisbudpar

Kerap adanya keluhan pengunjung oleh mahalnya harga makanan khususnya jenis seafood dijual pedagang di wisata kuliner

Pengunjung Keluhkan Harga Makanan di Wisata Kuliner Siringlaut Mahal, Ini Tanggapan Kadisbudpar
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Sejumlah pekerja proyek sedang melaksanakan kegiatan pembangunan pagar taman Siringlaut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kerap adanya keluhan pengunjung oleh mahalnya harga makanan khususnya jenis seafood dijual pedagang di wisata kuliner menjadi perhatian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotabaru.

Kepala Disbudpar Khairian Anshari tidak menepis sering adanya keluhan pengunjung. Ia bukan saja mangapresiasi masukan disampaikan pengunjung sebagai bahan koreksi untuk dilakukan evaluasi ke depan.

Karena menurut dia, hal itu perlu dilakukan sebab wisata kuliner Siringlaut bukan saja aset yang harus dijaga keberlangsungannya. Namun juga salah satu obyek wisata kota menjadinikon Kabupaten Kotabaru.

"Kami mengapresiasi masukan-masukan koreksi dan apabila ditemukan hal-hal yang kurang baik demi perbaikan," kata Khairian, Jumat (19/1/2018).

Baca: LINK LIVE STREAMING O-Channel TV Persija Vs PSPS Malam Ini, Misi Teco di Piala Presiden 2018

Sebagai instansi memiliki kewenangan memberikan pembinaan terhadap pedagang di wisata kuliner Siringlaut. Disbudpar, tambah Khairian, mengeluarkan aturan bagi para pedagang.

Diantaranya pedagang wajib menyampaikan daftar menu dan harga, serta memberikan nota kepada pengunjung setelah menikmati makanan yang telah disantap.

Tidak kecuali, masih menurut Khairian, untuk menu-menu makanan yang harganya fluktuatif karena tergantung harga bahan di pasar misalnya kepiting, cumi, udang dan lain-lain.

Pedagang wajib menunjukkan harga menu harian per ons/kg/porsi serta dilakukan penimbangan dihadapan pembeli atau pengunjung yang memesan jenis menu makanan yang dipilih.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Super Cup Asia 2018 di Celebes TV, PSM Makassar Vs Home United

Menyikapi adanya keluhan pengunjung, Khairian menegaskan pihaknya terbuka dan akan mengambil tindakan.

"Tetapi tentu saja kami pun perlu tahu warung yang mana, tunjukkan nota yang dianggap mahal untuk kami tindaklanjuti," ujar Khairian.

Namun kalau sekedar keluhan tanpa ada bukti, ia menilai hanyalah kesan menggeneralisir persoalan. "Kasihan pedagang-pedagang lain yang baik menerima imbasnya juga," terangnya.

Apalagi saat ini, Disbudpar terus berbenah dan menata lokasi-lokasi wisata di Kotabaru. Salah satunya menjadi Siringlaut indah dan dapat dinikmati masyarakat.

"Bantu kami dengan masukan konstruktif, bukan untuk menjatuhkan, karena Siringlaut milik kita," tandasnya. (BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help