Berita Tanahlaut

Puluhan Rumah di Desa Banuaraya Batibati Terendam, Segini Ketinggian Airnya

Puluhan rumah hunian di Desa Banuaraya, kecamatan Batibati, terendam akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten

Puluhan Rumah di Desa Banuaraya Batibati Terendam, Segini Ketinggian Airnya
via BANJARMASINPOST.co.id/mukhtar wahid
(Foto: Facebook warga) Genangan air pasang laut merendam jalan Desa Pantai Harapan, Kecamatan Bumimakmur, Kabupaten Tanahlaut, Sabtu (20/1/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Puluhan rumah hunian di Desa Banuaraya, kecamatan Batibati, terendam akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Tanahlaut hingga Sabtu (20/1/2018) siang.

Rumah yang terendam itu terpantau berada di bantaran Sungai Banuaraya, Kecamatan Batibati. Diperparah pasang air laut.

Meski terendam, warga masih dapat aktivitas memasak dan tidur. Ketinggian air hanya merendam lantai di 88 buah rumah.

Baca: Live Streaming Liga Inggris Pekan 24 Burnley vs Manchester United, Kick Off Malam Ini 22.00 WIB\

Baca: 4 Link Live Streaming Indosiar Arema vs Persela Lamongan : Laga Spesial Aji Santoso di Malang

Kepala Desa Banuaraya, H Asnan mengaku sudah menyampaikan data warganya yang terdampak banjir. Jumlah 88 unit rumah itu yang paling parah terendam berhari-hari dalam satu pekan ini.

"Sebenarnya ratusan unit yang terendam. Cuma sebagian besar iti hanya halaman rumah daja. Lantai rumah sebagian besar sudah ditinggikan," katanya.

Asnan mengaku sejak laporan dan data banjir diserahkan kepada pihak Kecamatan, sepekan lalu, belum ada penyaliran bantuan.

Baca: Dahsyat RCTI Dianggap Lecehkan Anggota TNI, Dua Artis Ini Jadi Sasaran Kecaman Warganet

"Saya tidak mau langsung ke Pemerintah Kabupaten karena desa yang terendam banjir tidak hanya Banuaraya. Desa tetangga, Batibati juga terendam," katanya.

Asnan mengaku upaya pemerintah sudah maksimal mengatur air agar tidak merendam Desa Banuaraya. Jalan dan jembatan ditinggikan.

"Rumah yang terendam itu memang belum ditinggikan lantai dan dibangun sekitar 1980 lalu," ujarnya.

Kepala Desa Batibati, H Musmulyadi dikonfirmasi membenarkan sebagian kecil rumah warga yang terendam juga karena belum ditinggikan.

"Tidak terlalu parah seperti banjir pada 2014 dan 2015 lalu. Data warga yang terdampak banjir sudah disampaikan ke Kantor Kecamatan Batibati," katanya

Banjir juga merendam jalan di Desa Pantai Harapan Kecamatan Bumimakmur. Itu akibat pasang air laut. Soraya, bidan desa Pantai Harapan, menduga akibat saluran di sisi jalan desa sempit sehingga air tergenang.

"Warga yang keluar dari Desa Pantai Harapan kalau mau masuk harus pukul 03.00 Wita. Sementara ini warga masih dapat beraktivitas," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help