Seputar Kalteng

Keren! Semangka Dadahup Dijual Sampai ke Pulau Jawa

Semangka merupakan salah satu jenis buah yang banyak diminati oleh masyarakat baik dalam maupun luar negeri

Keren! Semangka Dadahup Dijual Sampai ke Pulau Jawa
Tribun Kalteng/Jumadi
Beberapa petani memperlihatkan semangka hasil tanaman mereka tampak segar-segar. Semangka ini dijual sampai ke Jawa 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Semangka merupakan salah satu jenis buah yang banyak diminati oleh masyarakat baik dalam maupun luar negeri, karena rasanya yang manis dan segar.

Kabupaten Kapuas tidak hanya dikenal sebagai lumbung padi Kalteng, tetapi juga produsen besar buah-buahan. Tidak hanya nenas dari Kecamatan Basarang yang sangat terkenal di mana-mana karena rasanya yang manis.

Ternyata Kabupaten Kapuas juga merupakan produsen besar buah semangka. Di mana tidak hanya sebagai konsumsi lokal, buah ini juga kini telah diangkut oleh pengepul hingga dipasarkan ke Pulau Jawa.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Senin (22/1/2018) mengatakan, kini Kabupaten Kapuas telah berhasil menjadi penghasil buah semangka berskala besar.

Baca: Hasil Babak Pertama Kalteng Putra Vs Mitra Kukar, Skor 0-1, Hendra Bayauw Pecahkan Kebuntuan

"Semangka adalah makanan yang digemari masyarakat. Semangka Kapuas kini sudah mulai masuk ke pasar nasional," katanya.

Terbukti saat ini semangka Kapuas dikirim ke Palangkaraya, Kalsel dan Kaltim. Daerah-daerah itu kini sudah berlangganan dan bergantung dari kiriman semangka Kapuas.

Bahkan pedagang dari Surabaya Jawa Timur datang ke Kapuas untuk membeli semangka dari Kapuas, dan mereka bawa dan dipasarkan ke Pulau Jawa.

Ben menyebutkan, adapun daerah-daerah yang menjadi sentra produksi semangka ini diantaranya adalah wilayah SP 1 sampai SP 3 Kecamatan Dadahup dan juga di sejumlah desa wilayah Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas.

Area tanam kebun semangka ini terus diperluas. Kalau dia berkunjung ke lokasi tanaman warga di sana, melihat semangka itu seperti melihat kelerang saja karena begitu luas dan melimpah buahnya. (Banjarmasinpost.co.id/Jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Murhan
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help