Ekonomi dan Bisnis

NEWSVIDEO : Harga Mesin-mesin Espresso Ini Mencengangkan, Ada yang Setara Mobil Avanza!

Jangan anggap harga mesin espresso sebelah mata, harganya bisa mencapai ratusan juta, kisaran Rp 225 juta dan Rp 300 jutaaan bahkan lebih

NEWSVIDEO : Harga Mesin-mesin Espresso Ini Mencengangkan, Ada yang Setara Mobil Avanza!
Banjarmasinpost.co.id/Hasby Suhaili

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jangan anggap harga mesin espresso sebelah mata, harganya bisa mencapai ratusan juta, kisaran Rp 225 juta dan Rp 300 jutaaan bahkan lebih. Salah satunya ada di Toffin dan Effronte Cafe di Jalan Bumi Mas Banjarmasin.

Barista Toffin di Jalan A Yani Km 8,4 Kompleks Persada Mas Banjar, Meck Alfonso menjelaskan, mesin kopi Black Eagle VA388 hanya ada di Toffin sebagai distributor coffee shop di wilayah Kalimantan. Seiring kopi booming, maka konsumennya meningkat.

Mesin espresso Victoria Ardwino Black Eagle VA388, merupakan produksi dari Italia harga dibanderol Rp 200 jutaan. Boleh dibilang Toffin satu-satunya di Kalimantan yang menjual alat tersebut.

“Kualitas didalamnya sudah memiliki tekonologi T3 yang berfungsi menjaga suhu tetap stabil karena perubahan suhu sangat mempengaruhi rasa dan kualitas kopi. Beda dengan alat espresso lainnya, hanya menggunakan heat exchanger dengan satu boiler yang berarti suhu tidak stabil,” jelasnya, Senin (22/1/2018).

Dia juga menjelaskan, Black Eagle VA388 memiliki kualitas tinggi yang dipercaya digunakan di World Barrista Competiton (WBC) 2015, 2016, 2017 sampai 2020 mendatang. Alat tersebut langsung diimpor dari Itali dalam bentuk sudah jadi di Toffin.

Baca: Top 15 Indonesian Idol 2018, Begini Awal Whitney Julinetha Saat Audisi

Dalam mengoperasionalkan Black Eagle VA388 ini lebih banyak membutuhkan daya, yakni 7300 watt.

Toffin juga menyediakan mesin Vibieem (VBM) yang merupakan salah satu mesin espresso kelas menengah, umumnya peminat alat ini kalangan perkantoran atau rumahan.

Harganya kisaran Rp 30 juta dan yang dua grup Rp 60 jutaan.

Sedangkan untuk di cafe-cafe biasanya menggunakan Nouva Simonelli, harganya kisaran Rp 40 jutaan satu grup terdiri dari grup head, dan satu steamwand.

Owner Toffin Banjarmasin, Sally Maryanto membenarkan mesin kopi Black Eagle memang mahal. Mesin dua grup standar harganya dipatok Rp 250 juta, sedangkan tiga grup Gravimetric bisa sampai Rp 320 juta.

“Mesin Black Eagle itu sendiri termasuk mesin kopi high end yang filosofinya adalah konsistensi dalam memproduksi kopi-kopi berkualitas yang disebut sebagai speciality coffee,” katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/M Hasby Suhaily)

Penulis: Hasby
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help