Berita Kotabaru

Pemprov Kalsel Diminta Tegas Terkait Polemik Rencana Penambangan di Pulaulaut

Rencana penambangan batu bara di Pulaulaut oleh PT Sebuku Iron Lateritic Ores (Silo) Group terus berpolemik.

Pemprov Kalsel Diminta Tegas Terkait Polemik Rencana Penambangan di Pulaulaut
BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah
Lebih 500 pengunjuk rasa menolak aski rencana penambangan batu bara di Pulaulaut, Kotabaru, Senin (22/1/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Rencana penambangan batu bara di Pulaulaut oleh PT Sebuku Iron Lateritic Ores (Silo) Group terus berpolemik. Terkait hal itu, belum sepekan ini Kotabaru 'diguncang' aksi demo yang menolak adanya pertambangan.

Setelah dua hari berturut-turut, hari ini Senin (22/1/2018) lebih 5.000 massa tergabung dalam beberapa organisasi kembali turun ke jalan. Mereka kembali berujuk rasa menolak rencana penambangan batu bara di Pulaulaut.

Ratusan massa tidak hanya menggeruduk kantor pemerintah kabupaten (Pemkab), tapi juga mendatangi kantor DPRD. Dengan satu tuntutan, tolak tambang di Pulaulaut harga mati.

Penolakan tersebut disuarakan koordiantor lapangan pengunjuk rasa, salah satunya Usman Pahero yang juga Ketua Komite Aksi Penyelamat Pulaulaut (Kapak).

Baca: Pendemo Desak Pemkab dan DPRD Kotabaru Buat Pernyataan Tertulis Tolak Tambang Pulaulaut

Usman juga mempertegas, terkait unjuk rasa mereka lakukan murni penolakan terhadap aktivitas penambangan di Pulaulaut. Baik dari pihak manapun, dari investasi warga asing ataupun warga negara Indonesia.

"Jadi tidak benar kalau ada pihak yang menunggangi," jelasnya.

Sempat terbesit dalam orasinya, terkait unjuk rasa damai dilakukan para pendemo juga mendesak pemerintah daerah baik bupati maupun DPRD membuat pernyataan tertulis dengan tegas menolak penambangan di Pulaulaut.

Aksi sempat memanas tidak berlangsung lama mereda, setelah pengunjuk rasa ditemui Wakil Bupati Kotabaru H Burhanudin. Kemudian bersama-sama menuju DPRD Kotabaru untuk membahas tuntutan pendemo yang digelar dalam rapat dengar pendapat (hearing).

Baca: Heboh, Order Gocar Atas Nama Nabi Muhammad, Begini Saat Nomornya Dihubungi

Halaman
123
Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help