Saraba Kawa

Bupati Anang Canangkan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, Simak Penjelasannya

Pencanangan kegiatan percepatan proyek strategis nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), digelar Kantor

Bupati Anang Canangkan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, Simak Penjelasannya
via BANJARMASINPOST.co.id/dony usman
Foto: Diskominfo Tabalong) Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, menandatangani kerjasama dalam pencanangan PTSL, Senin (22/1/2018). 

 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Pencanangan kegiatan percepatan proyek strategis nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), digelar Kantor Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tabalong bekerjasama dengan Pemerintah kabupaten Tabalong, di halaman Kantor Desa Madang, Kecamatan Muara Harus, Senin (22/1/2018).

Dalam pencanangan tersebut, Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani hadir untuk menandai dimulainya kegiatan PTSL tahun 2018 di Kabupaten Tabalong.

Kemudian juga dilanjutkan dengan Gerakan Pemasangan tanda batas yang disaksikan pejabat yang hadir, juga sekaligus penyerahan sertifikat secara simbolis kepada warga desa Madang.

(Foto: Diskominfo Tabalong) Arahan disampaikan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat mencanangkan kegiatan PTSL, Senin (22/1/2018).
(Foto: Diskominfo Tabalong) Arahan disampaikan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat mencanangkan kegiatan PTSL, Senin (22/1/2018). (via BANJARMASINPOST.co.id/dony usman)

"Kegiatan ini sangat penting karena sebetulnya sejak dua tahun lalu sudah direncanakan dan akhirnya terealisasi dan dilaksanakan melalui program nasional oleh PTSL pada hari ini," kata Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani.

Apalagi saat ini perkembangan Tabalong sudah sangat pesat dan tentu saja membawa dampak meningkatnya harga tanah.

Untuk itulah bagi warga sangat diperlukan adanya kepastian hukum atas kepemilikan lahan yang ada.

"Dengan kegiatan ini masyarakat terbantu dalam hal kepastian hukum atas kepemilikan lahan," katanya.

Sehingga dengan adanya kepemilikan sertifikat ini maka persoalan terkait masalah lahan akan bisa diminimalisir.

Bupati juga menyampaikan, tahun lalu target yang ingin dicapai sekitar 6.000 tetapi terelisasi hanyar 2.000 lebih.Sedangkan untuk tahun 2018 target yang dicapai sebanyak 8.400.

"Semoga dengan PTSL ini bisa terlampaui mengingat dananya sudah disiapkan oleh APBD kabupaten, bahkan nantinya akan didukung dengan membeli peralatan agar sistem pematokan lebih cepat," katanya.

(Foto: Diskominfo Tabalong) Pencangan kegiatan PTSL oleh Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, Senin (22/1/2018).
(Foto: Diskominfo Tabalong) Pencangan kegiatan PTSL oleh Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, Senin (22/1/2018). (via BANJARMASINPOST.co.id/dony usman)

Semua ini, dilakukan Pemkab Tabalong bekerjasama dengan BPN Kabupaten Tabalong, tidak lain untuk mendukung percepatan kepastian atas kepemilikan tanah bagi warga di Kabupaten Tabalong

Sementara itu , Kepala Kantor BPN Kabupate Tabalong, Kusworo, menyampaikan program ini untuk mengejar ketertinggalan pendaftaran tanah yang diketahui di Indonesia baru mencapai 46 persen, sedangkan kabupaten tabalong lebih rendah lagi, masih di bawah 40 persen.

"Maka dari itu kegiatan ini dalam rangka pendaftaran percepatan tanah seluruh wilayah kabupaten Tabalong," jelasnya.

Harapannya dengan pola sistematis ini akan lebih mudah pelaksanaannya dan lebih cepat mencapai target, dibandingakan pola yang sporadik. (BANJARMASINPOST.co.id/AOL)

Penulis: Dony Usman
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help