Berita Banjarmasin

554 CPNS Kemenkumham Kalsel Menerima Materi tentang Keimigrasian

Isinya tentang 'Keimigrasian' sebagai pengantar sebelum menjalankan tugas pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) masing-masing.

554 CPNS Kemenkumham Kalsel Menerima Materi tentang Keimigrasian
Istimewa
Bertempat di Gedung Serba Guna ULM Banjarmasin, Orientasi Tahap I CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan Tahun 2018 memasuki hari ke 3, Rabu (24/1/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bertempat di Gedung Serba Guna ULM Banjarmasin, Orientasi Tahap I CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan Tahun 2018 memasuki hari ke 3, Rabu (24/1/2018).

Setelah sebelumnya Kepala Divisi Administrasi, Edy MS Hidayat memberikan paparan tentang Manajemen Kepegawaian, giliran Kepala Divisi Imigrasi, Yosep HR Renung Widodo menjadi permateri kepada 554 CPNS Kemenkumham Kalsel.

Isinya tentang 'Keimigrasian' sebagai pengantar sebelum menjalankan tugas pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) masing-masing.

Istilah imigrasi adalah terjemahan dari bahasa Belanda immigratie yang berasal dari bahasa latin immigratio. Kata kerjanya ialah immigreren dalam bahasa latin immigrare.

Baca: LINK LIVE STREAMING Real Madrid vs Leganes Malam Ini, Target Zidane Raih Copa Del Rey Pertama

Baca: Terungkap Fakta Penting Pembunuhan Wanita Bercadar, Korban Sempat Bercengekerama Sebelum Dihabisi

Kata imigrasi terdiri atas dua suku kata, yaitu in yang artinya dalam dan migrasi artinya pindah, datang, masuk atau boyong. Jadi secara lengkap arti imigrasi adalah pemboyongan orang-orang masuk ke suatu negeri.

"Keimigrasian di Indonesia sudah ada sejak jaman kolonial Belanda, akan tetapi secara historis pada tanggal 26 Januari 1950 untuk pertama kalinya diatur langsung oleh Pemerintah Indonesia dan diangkat MrYusuf Adiwinata sebagai Kepala Jawatan Imigrasi berdasarkan Surat Penetapan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Serikat No JZ/30/16 tanggal 28 Januari 1950 yang berlaku surut sejak tanggal 26 Januari 1950. Momentum tersebut hingga saat ini diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Imigrasi," paparnya.

Menurutnya setiap orang yang masuk atau keluar wiilayah Indonesia wajib melewati Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) dan dokumen perjalanan yang sah dan berlaku, Visa kecuali ditentukan lain dan setiap orang asing yang berada di Indonesia wajib memiliki izin tinggal, izin tinggal orang asing diberikan berdasarkan visa yang dimiliki dan maksud tujuannya.

Orientasi ini dilaksanakan dengan II Tahapan dimana Orientasi I Pengenalan Tusi, pembentukan karakter dan kedisiplinan yang berlangsung selama 4 hari sedangkan orientasi II muatan kompentensi bidang teknis sesuai rumpun bidang tugas panduan dan materi oleh BPSDM.

Sementara itu sebanyak 554 CPNS ini akan ditempatkan pada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi Se-Kalsel dengan pembagian formasi sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa meningkatkan dan memperkuat tugas dan fungsi organisasi. (BANJARMASINPOST.CO.ID/Irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved