Fenomena Supermoon

Salat Gerhana Lebih Afdol Dilakukan Berjamaah, Begini Niatnya

Warga Indonesia tidak terkecuali di Banua, dipastikan akan dihebohkan dengan munculnya fenomena gerhana bulan

Salat Gerhana Lebih Afdol Dilakukan Berjamaah, Begini Niatnya
banjarmasinpost.co.id/dodon
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Warga Indonesia tidak terkecuali di Banua, dipastikan akan dihebohkan dengan munculnya fenomena gerhana bulan pada, Rabu (31/1) malam nanti.

Bagi kaum muslim, hendaknya momen tersebut juga dijadikan muhasabah, dan bahkan Nabi Muhammad SAW juga mencontohkan untuk salah sunah dua rakaat berjamaah.

Menurut Ketua Bidang Fatwa MUI Kalsel, Abdussamad Sulaiman, menjelaskan bahwa Rosulullah memang mencontohkan untuk beribadah dengan salat gerhana.

"Salat nya sama seperti salat Jumat, namun ini dibalik. Kalau ini sebahyang dulu baru khutbah, tapi kalau Jumatan itu kebalikannya," kata Abdussamad Sulaiman.

Baca: Kejam, Para Pemuda Bantai 5 Kucing Lalu Siap Dibakar untuk Dimakan, Netizen Pun Marah

Baca: Dulu Heboh Kawin Kecelakaan, Begini Kehidupan Putri Jamal Mirdad dan Suaminya Setelah 12 Tahun Nikah

Yang membedakan lainnya yakni adalah niatnya, di mana niatnya "Saya niat salat sunnah gerhana bulan dua rakaat karena Allah Subhanawataala," dan saat tersebut tatacaranya harus dilakukan secara berjemaah sebab juga ada khutbahnya. "Ya hampir sama dengan salat  Idulfitri, sebahyang dulu baru khutbah," kata dia.

Dalam Islam, kata dia, hukumnya adalah sunah muakkad atau yang disunnahkan untuk salat gerhana dan Nabi sendiri melaksanakan tidak pernah lepas ketika ada momen gerhana baik bulan maupun gerhana martahari.

Disebutkan dia, untuk salat gerhana ini pointnya adalah bukan menyembah bulannya, akan tetapi gerhana bulan ini adalah momen karena kebesaran Allah.

"Bukan seperti faham di Filipina yang menganggap bahwa gerhana bulan atau matahari ini diyakinnya bulan ditelan oleh matahari, dan turun ke jalan dan dipukul pukul agar berharap bulan dimuntahkan kembali oleh matahari. Namun di Islam tidak, ini tidak ada ada kaitannya dengan dimakan matahari tapi ini karena siklus perputaran dan bulan menutupi matahari sehingga gerhana. Karena itu kebesran Illahi," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help