Fenomena Supermoon

Sambut Supermoon 31 Januari - Ponpes Ini Sediakan 15 Teleskop untuk Intip Gerhana Bulan Total

Santri Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Sukoharjo, Jawa Tengah mendapat fasilitas teleskop.

Sambut Supermoon 31 Januari - Ponpes Ini Sediakan 15 Teleskop untuk Intip Gerhana Bulan Total
Nicolas Asfouri/AFP/Getty Images via National Geographic
Kota Terlarang Beijing menjadi tempat yang menakjubkan untuk menikmati supermoon. (Nicolas Asfouri/AFP/Getty Images via National Geographic) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sebuah pondok pesantren (Ponpes) di Ponpes di Sukoharjo menyediakan 15 teleskop untuk menyaksikan gerhana bulan total atau supermoon pada 31 Januari 2018.

Santri Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Sukoharjo, Jawa Tengah mendapat fasilitas teleskop.

Terutama santri yang tergabung dalam Club Astronomi Santri Assalaam (CASA), mereka akan menyaksikan fenomena gerhana bulan total di Observatorium Assalaam Ponpes setempat pada Rabu (31/1/2018) malam.

Namun sebelum pengamatan gerhana bulan total itu, akan dilaksanakan salat gerhana secara berjamaah di Masjid Assalaam PPMI Assalaam pukul 20.00 WIB.

"Observasi bersama mengamati fenomena gerhana bulan total terbuka untuk umum. Masyarakat yang ingin nobar (nonton bareng) bisa datang ke Assalaam," ungkap Kepala Pusat Astronomi Assalaam, AR Sugeng Riyadi, Sabtu (27/1/2018).

Baca: Gerhana Bulan Total pada 31 Januari - Ini Posisi Supermoon untuk Tiga Wilayah Waktu Indonesia

Baca: Gerhana Bulan Total 31 Januari - Fenomena Supermoon Dapat Dilihat Pukul 21.07 WIB

Adapun pengamatan fenomena langka tersebut akan dimulai pada pukul 19.00-22.00. Ada 15 teleskop yang disiapkan Observatorium Assalaam untuk mengamati gerhana bulan total.

"Kami siapkan 10 teleskop buatan santri dan lima teleskop pabrikan," tambah pria yang juga Ketua Umum Komunitas Astrofotografi Indonesia.

Kepala Humas PPMI Assalaam, Qomaruddin menambahkan, kegiatan mengamati fenomena di langit merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan oleh CASA.

"Sudah menjadi kegiatan rutin CASA apabila ada peristiwa langit seperti gerhana bulan atau matahari pasti selalu diamati. Assalaam memiliki teleskop untuk mengamati fenomena itu," ungkapnya.

Qomaruddin menambahkan, selain mengadakan nobar gerhana bulan, juga akan diselenggarakan seminar sehari Alquran dan Sains. Seminar akan digelar Rabu pagi untuk mengupas tentang fenomena di langit.

Baca juga di kompas.com judul: Ponpes di Sukoharjo Ini Sediakan 15 Teleskop untuk Nobar Gerhana Bulan Total

Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved