Bumi Antaluddin

Pemantapan Profesionalisme dan Disiplin ASN HSS

Malam silaturahmi Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan pejabat pengawas (Eselon IV) Lingkup Pemerintah Kabupaten HSS

Pemantapan Profesionalisme dan Disiplin ASN HSS
istimewa/protokol dan kehumasan
Malam silaturahmi Bupati HSS dengan pejabat pengawas di pendopo kabupaten 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Malam silaturahmi Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan pejabat pengawas (Eselon IV) Lingkup Pemerintah Kabupaten HSS digelar di Pendopo Kabupaten, Senin, (29/1) malam.

Kegiatan ini mengusung tema, "Pemantapan Profesionalisme Dan Disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati HSS H Achmad Fikry, Wakil Bupati H Ardiansyah, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS H M Ideham, para asisten, staf ahli, Kepala SKPD serta para Pejabat Pengawas lingkup Pemerintah Kabupaten HSS.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan (BKD Diklat) HSS H Zulkipli mengatakan ASN mempunyai tugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik mungkin.

Malam silaturahmi Bupati HSS dengan pejabat pengawas di pendopo kabupaten
Malam silaturahmi Bupati HSS dengan pejabat pengawas di pendopo kabupaten (istimewa)


"Dengan moto profesional dan melayani, pelayanan yang diberikan harus dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat," katanya.

Ditegaskannya bahwa Bupati selaku Pejabat Pembina Kepegawaian, mempunyai wewenang menetapkan pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian pegawai ASN dan pembinaan manajemen ASN di instansi pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Zulkipli juga mengatakan pelayanan yang profesional memberikan kepuasan kepada masyarakat.

Hal ini mampu diwujudkan dengan sikap disiplin. Ditambahkannya, dalam struktur atau level jabatan, pejabat pengawas merupakan level yang langsung berhubungan dengan staf atau pelaksana.

Pada semua SKPD termasuk Kecamatan, Bagian Sekretariat Daerah, hingga Kelurahan, terdapat level Pejabat Pengawas dan saat ini jabatan yang terisi sebanyak 414 posisi.

Dengan kondisi tersebut, perlu dilakukan pemantapan profesional melayani masyarakat dan disiplin bekerja bagi ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten HSS.

"Menyatukan pemikiran dalam suatu kebersamaan sangat perlu. Mulai dari Bupati, Wakil Bupati dan seluruh penjabat baik pimpinan tinggi pratama sampai pejabat pengawas untuk pemantapan profesionalisme dan disiplin kerja. Hal ini sudah sewajarnya dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian, yaitu Bupati HSS," tambahnya.

Bupati HSS H Achmad Fikry menyatakan pejabat pengawas merupakan pejabat yang paling menentukan dalam hal pengambilan keputusan seorang pimpinan.

"Seorang Pejabat Pengawas dapat memberikan input bagi pimpinan. Pejabat Pengawas menguasai bidang masing-masing dan menguasai persoalan-persoalan teknis. Idealnya, seorang Pejabat Pengawas mengawasi Pelaksana," katanya.

ASN lingkup Pemerintah Kabupaten HSS yang sekarang di tingkat Eselon IV, diharapkan Bupati mampu menjaga kepercayaan dan amanah yang diberikan.

Pejabat pengawas merupakan jabatan awal untuk meniti karier ke depan.

Belajarlah jadi pemimpin, sejak menjadi Pejabat Pengawas.

Pejabat pengawas kuga harus bisa mempertanggungjawabkan amanah yang diterima dengan bekerja secara profesional.

Pejabat pengawas juga harus menguasai data.

Pejabat Pengawas bertugas untuk menyaring informasi atau data yang disediakan Pejabat Pelaksana.

Selain itu, dijelaskan pula, dalam menduduki suatu jabatan, di kepegawaian ada test kompetensi.

Bupati berharap, nantinya juga ada test psikologi dan kejiwaan.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada para Pejabat Pengawas, atas dukungan mereka kepada Bupati dan wakil Bupati, sehingga HSS bisa tumbuh dan berkembang.

Dalam beberapa bidang, menurutnya HSS sudah bisa melebihi kabupaten/kota lainnya.

Selain itu, Bupati juga memohon maaf jika ada hal yang tidak berkenan selama Masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati.

"Selamat bekerja. Selamat memberikan yang terbaik untuk HSS," haraonya (*/aol)

Simak pula informasi kabupaten HSS di tautan berikut ini

Tags
ASN
HSS
Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved