BanjarmasinPost/

Berita Hulu Sungai Tengah

Disdik HST Gabungkan SDN Pangambau Hilir Luar ke SDN 2 Barikin, Warga Menolak

Warga Desa Pangambau Hilir Luar Kecamatan Haruyan, Hulu Sungai Tengah, menyatakan keberatan sekolah dasar di desa mereka

Disdik HST Gabungkan SDN Pangambau Hilir Luar ke SDN 2 Barikin, Warga Menolak
banjarmasinpost.co.id/hanani
Rapat dengar pendapat warga Pangambau Hilir Luar Kecamatan Haruyan dengan DPRD HST dan Disdik HST, Rabu (31/1/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Warga Desa Pangambau Hilir Luar Kecamatan Haruyan, Hulu Sungai Tengah, menyatakan keberatan sekolah dasar di desa mereka, digabung ke SDN 2 Barikin, Desa Panggung, meski jaraknya hanya dua kilometer lebih.

Alasannya, karena sekolah itu sekolah bersejarah yang dibangun sejak 1942, juga jumlah siswanya masih ada meskipun sedikit, yaitu 40 orang.

Keberatan tersebut disampaikan para tokoh masyarakat setempat ke DPRD HST, Rabu (31/1/2018).

DPRD HST melalui Komisi I dipimpin Taufikurrahman, pun melaksanakan rapat dengar pendapat mendengarkan aspirasi warga, dengan mengundang Kadisdik HST H Riduan dan jajarannya.

Baca: 12 Jurusan Sarjana S1 dan S2 Bisa Masuk Polisi, Daftar via Online, Ini Syaratnya

Tokoh masyarakat setempat, Darmega menyatakan, kaget saat menerima SK penggabungan sekolah tersebut.

“Padahal sekolah tersebut didirikan sebelum zama kemerdekaan. Sekarangpun banyak alumninya yang sukses di berbagai bidang,” kata Darmega.

Selain itu, jelas dia desa Pangambau merupakan perbatasan HST dan HSS.

Juga jarak dari desa Pangambau ke Barikin, cukup jauh, dengan melewati jalan raya yang sibuk lalu lintas, karena merupakan jalan nasional, sehingga rawan kecelakaan. Khusunya bagi siswa kelas satu sampai kelas tiga yang masih kecil.

Menanggapi hal tersebut, Kadisdik H Riduan menjelaskan, keputusan menggabungkan sekolah tersebut, merupakan program re-grouping Pemkab HST, terhadap sejumlah sekolah dasar, dalam rangka efesiensi anggaran.
Penggabungan tersebut berlaku, bagi sekolah yang jumlah muridnya tak memenuhi syarat. Dijelaskan proses regrouping dilaksanakan, melihat sejumlah SD di HST jumlah siswanya ada yang kelas satu sampai enam hanya 15 orang.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help