Berita Hulu Sungai Tengah

Panen Perdana Padi Hibrida, Warga Kias Undang Kasdim 1002 Barabai

Selain Petani di Pangambau Hulu, Petani di Desa Kias Kecamatan Batangalai Selatan (BAS), Hulu Sungai Tengah

Panen Perdana Padi Hibrida, Warga Kias Undang Kasdim 1002 Barabai
Istimewa
Petani di Desa Kias Kecamatan Batangalai Selatan, HST merayakan panen perdana padi mereka bersama unsure Muspika, Balai Penyuluh, serta Jajaran Kondim 1002 Barabai, yang juga dihadiri Kasdim, Mayor Inf H Pahrijani, Rabu (31/1/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Selain Petani di Pangambau Hulu, Petani di Desa Kias Kecamatan Batangalai Selatan (BAS), Hulu Sungai Tengah, juga berhasil melakukan panen padi.

Kali ini, petani di desa itu melakukan panen perdana untuk padi hibrida varitas sebada 626, di mana kelompok tani Sinar Harapan berhasil mengembangkan padi jenis tersebut di atas lahan seluas 47,5 hektar.

Dengan luas lahan tersebut, petani berhasil memanen 8,9 ton per hektar. Sebagai ungkapan syukur, warga pun mengundang jajaran dinas pertanian, Camat BAS Eddy Rahmawan, Badan Penyuluh Kecamatan BAS, aparat desa, serta Danramil B01 Birayang Kapten Inf Rudi Hartono, Babinsa, bahkan Kasdim 1002 Barabai Mayor Inf H Pahrijani.

Baca: Gerhana Bulan Total Super Blue Blood Moon, Parapsikolog Ini Bakar Kemenyan dan Siapkan Pocong

Pada kesempatan itu, para petani yang tergabung kelompok tani tersebut menyatakan bersyukur atas hasil panen perdana mereka yang cukup memuaskan, di tengah cuaca tak menentu dan ancaman banjir.

“Alhamdulillah kami bisa menikmati jerih payah hasil panen,”kata salah satu anggota kelompok seraya mengucapkan terimakasih atas kehadiran jajaran Kodim, Dinas Pertanian, Balai Penyuluh serta dari DInas Tanamanpangan dan Hotikultura.

Sebelumnya, Camat BAS Eddy Rahmawan mengatakan, salah satu sektor andalan Kabupaten HST, adalah pertanian, yang terbukti selama ini menberi kehidupan kepada masyarakat yang mayoritas penduduknya mengandalkan sektor tersebut.
Kecamatan BAS sendiri, kata camat, salah satu penghasil padi yang turut berkontribusi atas ketersediaan pangan di Bumi Murakata.

“Diharapkan, sektor pertanian terus semakin maju dan meningkat, hingga benar-benar bisa mensejahterakan masyarakat petani,” katanya.

Sementara, Kasdim 1002 Barabai, Mayor Inf H Pahrijani, juga menyampaikan apresiasi kepada Balai Penyuluh Pertanian yang telah melaksanakan program pemerintah.

“Dalam hal ini memberikan semangat kepada petani kita, khususnya di wilayah HST,” kata Kasdim.

Disebutkan, Hulu Sungai Tengah, sangat dikenal dengan pertanian, perkebunan dan perikanannya. Kasdim pun mengimbau agar lahan pertanian digarap secara maksimal, agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

Apalagi, masyarakat maupun pemerintah sepakat menolak penambangan batu bara maupun perkebunan sawit di Bumi Murakata, sehingga sektor pertanian harus mampu menyejahterakan petani, yang harus didukung kebijakan pemerintah daerah. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved