Berita Kabupaten Banjar

Wabup Banjar Ungkap Sembilan Prioritas Pembangunan Untuk Capai Kesejahtraan Masyarakat

Setelah sehari kemarin Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur menghadiri musrenbang di Kecamatan Gambut.

Wabup Banjar Ungkap Sembilan Prioritas Pembangunan Untuk Capai Kesejahtraan Masyarakat
Banjarmasinpost.co.id/Hari Widodo
Wabup Banjar menghadiri acara Musrenbang yang digelar di Kecamatan Simpang Empat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Setelah sehari kemarin Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur menghadiri musrenbang di Kecamatan Gambut.

Hari ini, Wabup kembali menghadiri acara serupa yang digelar di Kecamatan Simpang Empat.

Terlihat hadir digelaran tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H Aspihani serta Staf Ahli H Masruri serta sejumlah SKPD di Pemkab Banjar menghadiri kegiatan tersebut.

Wabup di gelaran tersebut menjelaskan tahun 2019 nanti Pemkab Banjar mengangkat sebanyak 9 prioritas pembangunan dengan 19 sasaran daerah dan 24 indikator sasaran dengan tujuan utama peningkatan kesejahtraan masyarakat.

Wabup Banjar menghadiri acara Musrenbang yang digelar di Kecamatan Simpang Empat.
Wabup Banjar menghadiri acara Musrenbang yang digelar di Kecamatan Simpang Empat. (Banjarmasinpost.co.id/Hari Widodo)

Prioritas itu diantaranya peningkatan nilai-nilai agama, peningkatan akses layanan dan kualitas pendidikan, peningkatan akses layanan kesehatan, peningkatan ekonomi daerah, peningkatan layanan sosial dan peran kepemudaan, peningkatan infrastruktur daerah, lingkungan hidup dan pemanfaatan ruang, kemandirian pangan daerah dan peningkatan kinerja pemerintah daerah dan desa.

"Penerapan sembilan prioritas tersebut merupakan bagian strategi pemerintah kabupaten Banjar untuk menjawab permasalahan yang didapatkan dari hasil RKPD 2017 serta dengan memperhatikan prioritas nasional dan prioritas provinsi kalsel tahun 2019,"katanya.

Ditambahkan wabup, sehubungan dengan telah ditetapkannya perbup no 41/2016 tentang kewenangan desa maka diingatkan kembali bahwa desa harus mempedomani perbup tersebut dalam pembangunan di desa khususnnya dalam penggunaaan dana desa dan alokasi dana desa.

Selain itu, dalam rangka sinkronisasi perlu kesatuan pandangan terhadap program prioritas yang dilaksanakan.

"Forum musrenbang ini menjadi wadah untuk sinkronisasi penyatuan persefsi tentang perencanaan pembangunan dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan hingga Kabupaten,"katanya.(*/aol)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help