Insight

Ibu Muda Banua Ini Ajak Masyarat Ikut Lestarikan Tradisi Eksotisme Khas Suku Banjar

Sebagai warga masyarakat atau penduduk suatu wilayah tentunya kita haruslah melestarikan budaya setempat.

Ibu Muda Banua Ini Ajak Masyarat Ikut Lestarikan Tradisi Eksotisme Khas Suku Banjar
ist
Widya Pelissa 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - SUATU daerah tak bisa lepas dari kebudayaan yang ada selama ini dimana dengan adanya budaya menambah ke khasan suatu daerah itu sendiri. Selain itu kebudayaan membuat daya tarik tersendiri bagi sebuah daerah dan tak lepas dari keseharian warga masyarakat itu.

Sebagai warga masyarakat atau penduduk suatu wilayah tentunya kita haruslah melestarikan budaya setempat. Ini tak lepas agar ciri khas budaya daerah itu tak hilang begitu saja tergerus dengan beragam hal yang saat ini telah masuk ke berbagai daerah.

Satu warga Banua Widya Pelissa SPI, MM saat berbincang dengan Insight berharap masyarakat Banjarmasin turut serta menjaga kelestarian budaya banjar lewat seni budayanya.

"Bisa juga lewat kekhasan kain asli daerahnya seperti sasirangannya, lewat peradapan kehidupan budaya kita dulu di pinggir sungai dan membuat adanya pasar terapung.

Baca: Warga Pukul Kentongan dan Ungsikan Wanita Hamil Saat Gerhana untuk Usir Raksasa Pemakan Bulan

Ibu muda yang juga Kasi Seni dan Budaya Dinaas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin ini juga berharap masyarakat kota Banjarmasin menjaga kelestarian budaya banjar.

Budaya banjar yang bersifat seni budaya bisa lewat tarian, musik, dan turut bersama menjaga dan mendukung pariwisata susur sungai yang sedang di gaungkan oleh pemerintah,

"Bisa dengan turut berperan serta bersama-sama kita mendukung, menjaga , memelihara ke eksotisan budaya banjar yang kita punyai," papar ibu yang kerap disapa Lisa ini.

Apalagi terus terang Banjarmasin memang tidak memiliki berbagai kelebihan keindahan alam sebagai tempat objek wisata seperti di daerah lain, namun masih banyak potensi yang bisa digali untuk dijadikan objek wisata yang baru dengan mengangkat kekhasan dan eksotisme khas suku banjar.

"Untuk itu perlu dukungan masyarakat dan pemerintah bersama-sama untuk mewujudkannya yang mana keelokan pasar terapung, susur sungai, kain sasirangan dan kulinernya bisa dikemas lebih bagus lagi," jelasnya.(BANJARMASINPOST.CO.ID/Irfani)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help