Berita Hulu Sungai Tengah

Pambakal Desa Baru HST Ungkap Perusahaan Tambang Pernah Lakukan Ini Terhadap Warga Benawa

Pambakal Desa Baru, Kecamatan Batubenawa, Hulu Sungai Tengah, M Arsyad menyatakan, jauh sebelum heboh penolakan terhadap penambangan batu bara

Pambakal Desa Baru HST Ungkap Perusahaan Tambang Pernah Lakukan Ini Terhadap Warga Benawa
BANJARMASINPOST.co.id/hanani
Warga Desa Baru Kecamatan Batubenawa, Hulu Sungai Tengah, mengangkut batubara yang diambil dari sungai waki, di permukaan sungai tempat batu itu menyembul. Batu bara tersebut mereka manfaatkan sendiri untuk kepentingan pertanian dan peternakan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pambakal Desa Baru, Kecamatan Batubenawa, Hulu Sungai Tengah, M Arsyad menyatakan, jauh sebelum heboh penolakan terhadap penambangan batu bara digaungkan sejak pertengahan Januari 2018 tadi, warga Batubenawa, khususnya di Desa Baru, yang dikenal dengan Kampung Waki, sudah dengan tegas menolak bujukan perusahaan tambang, yaitu PT Antang Gunung Meratus.

Perusahaan yang juga pemegang PKP2B selain PT Mantimin Coal Mining itu minta persetujuan warga, agar perusahaan tersebut bisa operasional di desa mereka.

“Sampai sekarang pun sikap warga tak berubah. Tetap menolak masuknya perusahaan tambang manapun, mengeksploitasi batu bara di sini," tegasnya.

Baca: Audah Curiga Dengar Suara Air Mendidih, Setelah Dicek Ternyata Mengejutkan

Baca: Terungkap, Penyebab Air Mendidih yang Tiba-tiba Muncul di Desa Pekauman Martapura

Baca: Jangan Anggap Enteng Terong yang Satu Ini, Khasiatnya Bisa Cegah Kanker!

Baca: 5 Fakta Unik Bulan Februari Bikin Terperangah, Ternyata dari Zaman Romawi hingga Hari Kasih Sayang

Bahkan, lanjut Arsyad, masyarakat Dayak Meratus yang bermukim di bagian hulu, juga mendukung sikap masyarakat HST serta pemerintah kabupaten.

"Komitmen kita menjaga lingkungan dari kerusakan, itu demi kepentingan masyarakat HST umumnya. Kalau kami hanya mikir kepentingan sesaat, sudah habis lahan ini kami jual,” katanya.

Pambakal menuturkan, pada tahun 1985, batu bara di desa Baru dan Bukayak sudah diincar PT AGM yang melakukan survei lapangan.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved