BanjarmasinPost/

Komunitas Gowes HSS Ini Lahirkan Banyak Atlet Pesepeda

Anggota AC3 sebagian besar berasal dari kalangan swasta. Ada juga yang berprofesi sebagai pegawai pemerintah, pengusaha serta pelajar.

Komunitas Gowes HSS Ini Lahirkan Banyak Atlet Pesepeda
istimewa
Keluarga besar Amandit Cross Country Community selalu kompak. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIn - 

TAK sekadar kumpulan para pencinta olahraga bersepeda. Inilah jati diri Amandit Cross Country Community (AC3). Komunitas gowes dari Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ini sangat aktif gowes dan banyak melahirkan atlet pesepeda.

Anggota AC3 yang menjadi atlet pesepeda bahkan telah beberapa kali mengikuti kejuaraan XC Race di beberapa daerah. Di antaranya sukses meraih prestasi gemilang.

Wakil Ketua AC3 Masdi menjelaskan komunitasnya dibentuk pada 12 April 2012 silam. Markasnya yakni di Jalan Baluti nomor 08 RT 06 RW 03, Kecamatan Kandangan, HSS.

Awal terbentuknya, beber Masdi, lantaran terinpirasi dari komunitas pendahulu yang ada di Kandungan. Selain itu juga karena sering berkumpul sesama pencinta track menantang menaiki sepeda gunung.

"Saat itu cuma ada beberapa orang saja. Lalu, sepakat membentuk komunitas yang diberi nama AC3, yang diketuai oleh Hendra Wardhana," sebut Masdi, Jumat (02/02/2018).

Seiring berjalannya waktu keanggotaan AC3 terus bertambah banyak. Bahkan kini AC3 juga melahirkan atlet sepeda dan sering ikut XC Race. "Hingga kini anggota kami terus bertambah dan menjadi 93 orang," lanjut dia.

Ketika hendak gowes bareng, biasanya anggota AC3 selalu berkumpul di markas atau di sekretariat. Semuanya selalu kompak dan menjaga kesolidan.

Anggota AC3 sebagian besar berasal dari kalangan swasta. Ada juga yang berprofesi sebagai pegawai pemerintah, pengusaha serta pelajar.

Kegiatan yang dilakukan AC3 selain mengikuti event gowes, juga aktif ambil bagian pada forum komunitas hijau (FKH ) Kabupaten HSS. Kegiatan penanaman pohon penghijauan juga sering dilakukan bersama FKH HSS dan komunitas lain.

Mengenai rute gowes yang selama ini dijalani, beber masdi, tidak hanya di wilayah Kandangan dan sekitarnya saja. Lebih dari itu juga beberapa kali mengikuti event di luar daerah. Hingga kini gowes terjauh yang diikuti yakni di Samarinda, Kaltim.

Selengkapnya simak di koran Banjarmasin Post edisi, Sabtu (03/02/2018).

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help