Uang Kelihatan Sangat Mirip

Agar desain uang kertas Rp 2000 dan Rp 20.000 diperbaiki lagi. Karena secara sekilas kelihatan sangat mirip sehingga kasihan banyak

Uang Kelihatan Sangat Mirip
Bpost/Rizali
Public Services

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mohon perhatian dan tanggapannya dari pihak terkait, agar desain uang kertas Rp 2000 dan Rp 20.000 diperbaiki lagi. Karena secara sekilas kelihatan sangat mirip sehingga kasihan banyak orang yang sering tertukar tanpa sadar. Terima kasih atas perhatiannya.
08970065xxx

TANGGAPAN:

PERLU diketahui bahwa, penggunaan elemen warna menjadi unsur pembeda pada setiap pecahan uang kertas didasarkan hasil survey BI yang memperlihatkan bahwa persepsi masyarakat Indonesia membedakan pecahan uang kertas berdasarkan warna.

Oleh karena itu, BI membedakan warna setiap pecahan uang kertas untuk membantu masyarakat agar mudah membedakan setiap pecahan uang kertas.

Penentuan warna pada uang kertas tentunya bertujuan agar warna tersebut sulit ditiru oleh tinta-tinta biasa yang dijual secara bebas di pasaran, sehingga uang akan lebih sulit dipalsukan.

Sesuai pasal 11 ayat (2) UU No.7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, perencanaan dan pencetakan uang rupiah dilakukan oleh BI yang berkoordinasi dengan pemerintah.

Jadi, desain uang telah dipersiapkan dengan matang dan dibahas secara mendalam oleh BI dan pemerintah. Demikian dan terima kasih atas perhatiannya.

ABDUL HARIS
Manajer Humas Bank Indonesia Kalsel

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help