Berita HSU

Pasar Rakyat di Muara Tapus Bakal Disulap Jadi Galeri Dekranasda, Ini Alasan Disperindag

Pada 2015 dibentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk pasar rakyat agar dapat mengupayakan pemanfaatan bangunan tersebut.

Pasar Rakyat di Muara Tapus Bakal Disulap Jadi Galeri Dekranasda, Ini Alasan Disperindag
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Pasar rakyat di Muara Tapus, Amuntai HSU. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Pasar rakyat di Desa Muara Tapus Kecamatan Amuntai Tengah dibangun pada tahun 2010 dengan menelan anggaran sebesar Rp 1,9 miliar yang dilakukan secara bertahap bersumber dari APBD.

Tahun pertama membangun bangunan utama dan lesehan yang berada di kanan dan kiri bangunan utama, sedangkan pada tahun berikutnya adalah membangunan mushola dan ruko.

Setelah peresmian pada 2010 pengelolaannya diserahkan kepada pihak ketiga yang hanya bertahan selama satu tahun karena bangkrut, tahun 2011 ruko diresmikan namun belum ada penyewa hingga saat ini.

Pada 2015 dibentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk pasar rakyat agar dapat mengupayakan pemanfaatan bangunan tersebut. Namun hingga saat ini masih belum ada yang bersedia menjadi pihak ketiga.

Baca: Hasil Semifinal India Open 2018, Ini Rahasia Greysia/Apriyani Agar Lolos ke Final

Saat ini rencananya bangunan pasar rakyat akan digunakan untuk galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) HSU. Mengingat Kabupaten HSU belum memiliki galeri untuk menampilkan Kerajinan atau olahan makanan khas Kabupaten HSU.

Dinas Perindustrian Perdagangan dan koperasi (Disperindag) HSU memiliki anggaran untuk merenovasi bangunan pasar rakyat. Bangunan utama pasar rakyat itu memang sudah mengalami kerusakan baik di bagian tiang hingga atap.

Baca: Menteri Agama Lukman Hakim Dirawat di Puskesmas, Kabarnya Kena Ekor Ikan Pari di Pulau Derawan

Jika tidak dilakukan perbaikan terlebih dahulu maka dikhawatirkan akan membahayakan penggunanya.

Kerusakan bangunan pasar rakyat dikarenakan sejak tahun 2010 hingga saat ini masih belum ada pihak ketiga yang memanfaatkan bangunan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help