Berita Internasional

Helikopter Militer Jepang Jatuh di Perumahan, Terdengar Ledakan Keras, Dua Pilot Diduga Tewas

Laporan media setempat menginformasikan, tidak ada seorang pun di dalam rumah yang tertimpa helikopter saat insiden terjadi.

Helikopter Militer Jepang Jatuh di Perumahan, Terdengar Ledakan Keras, Dua Pilot Diduga Tewas
Ilustrasi - Helikopter yang mengangkut logistik untuk TNI AD di daerah pedalaman Kalimantan Utara. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KYUSHU - Dua orang tewas saat sebuah helikopter militer Jepang jatuh di kawasan permukiman, Senin (5/2/2018). Helikopter jatuh menimpa rumah dan menyebabkan kebakaran, dengan dua kru diduga tidak selamat.

Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera mengkonfirmasi kecelakaan yang terjadi di kota Kanzaki, Kyushu, Jepang itu dan mengatakan dua awak helikopter telah dikeluarkan dalam keadaan tak sadarkan diri.

Istilah tersebut biasa digunakan pemerintah Jepang sebelum informasi kematian korban kecelakaan resmi dikeluarkan.

Penyebab jatuhnya helikopter belum diketahui dan masih dalam penyelidikan oleh kementerian.

"Helikopter tersebut jatuh dan terbakar. Saat ini kami masih memastikan jumlah korban," kata Onodera di hadapan awak media dalam konferensi pers, dilansir AFP.

Baca: Dituduh Lakukan Pelecehan Seks Atas Tiga Perempuan Wali Kota Melbourne Mundur

Kementerian pertahanan sebelumnya mengumumkan, sebuah helikopter militer jenis AH-64 Apache telah jatuh di wilayah prefektur Saga dan terbakar. Juru bicara kementerian mengatakan ada dua pilot di dalam helikopter yang terjatuh.

Akibat insiden tersebut, sebuah rumah terbakar. Pemadam kebakaran telah mengirimkan 14 armada dan juga tiga mobil ambulans ke lokasi kejadian.

Laporan media setempat menginformasikan, tidak ada seorang pun di dalam rumah yang tertimpa helikopter saat insiden terjadi.

Salah seorang saksi mata mengatakan mendengar suara ledakan keras dan getaran seperti gempa bumi.

Baca: Ngeri! Mantan Anggota Boyband Westlife Brian McFadden Unggah Foto Ini, Mengaku Stres Karena Ini

"Saya langsung bergegas keluar rumah dan melihat kobaran api dan asap hitam," kata salah seorang warga perumahan yang tinggal di dekat lokasi insiden.

Laporan televisi NHK menunjukkan asap tebal berwarna keabu-abuan membumbung tinggi dari celah atap rumah yang terbakar.

Insiden yang melibatkan helikopter angkatan udara Jepang sebelumnya juga terjadi pada 2016 dengan enam kru yang menghilang di kawasan pegunungan. Empat orang menjadi korban tewas. (*)

Berita ini telah dipublikasikan di KOMPAS.com berjudul: Helikopter Militer Jepang Jatuh di Perumahan, Dua Pilot Diduga Tewas

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved