BanjarmasinPost/
Home »

Techno

» News

Aksi Gamers Banua

Jual Beli Dalam Game Online Menurut Ustadz Rawan Unsur Gharar

Terkait jual beli item di dalam game online, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Asfiani Norhasani

Jual Beli Dalam Game Online Menurut Ustadz Rawan Unsur Gharar
BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody
H Asfiani Norhasani 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Terkait jual beli item di dalam game online, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Asfiani Norhasani berpendapat jual beli seperti ini walaupun tidak bisa langsung dikatakan haram namun sangat rawan timbul unsur gharar di dalamnya.

Secara sederhana, gharar adalah semua jual beli yang mengandung ketidakjelasan atau keraguan tentang adanya komoditas yang menjadi objek akad, ketidakjelasan akibat dan bahaya yang menimbulkan potensi kerugian salah satu pihak.

Dijelaskan H Asfiani, karena tidak ada landasan yang jelas atas nilai barang tersebut maka berpotensi timbulnya kerugian di salah satu pihak.

Baca: Bikin Iri! Dua Pria di Banjarmasin Ini Raup Rupiah Lewat Game Online, Begini Caranya

Baca: Pameran Rumah Tawarkan Hunian DP 0 Rupiah, Ternyata Ini Syaratnya

(Foto: Dok. Akil) Akil saat lakukan joki game Mobile Legend.
(Foto: Dok. Akil) Akil saat lakukan joki game Mobile Legend. (via BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody)

Maka, jika suatu transaksi perdagangan memiliki unsur gharar dikategorikan haram dalam Islam.

Ketidaktahuan pembeli atas suatu nilai yang benar atas suatu barang yang diperjualbelikan dan jika si penjual pun melakukan mark up harga berdasarkan ketidaktahuan pembeli tersebut juga merupakan bentuk gharar dalam Islam.

"Jual beli yang berkah adalah saat penjualan menjelaskan manfaat barang tersebut dan si pembeli membayar dengan harga disepakati lalu timbul rasa ridho diantara keduanya, itu dia jual beli yang diberkahi Allah SWT. Karena itu baik penjual maupun pembeli harus waspada akan timbulnya unsur gharar dalam transaksi di game online," kata H Asfiani. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help