Mahasiwa Tersesat di Gunung Raung Ditemukan Tewas, Begini Kronologi Awal Kejadiannya

Zaki Putra Andika (23), mahasiswa asal Lamongan yang tersesat di Gunung Raung, ditemukan meninggal di bawah "puncak tusuk gigi

Mahasiwa Tersesat di Gunung Raung Ditemukan Tewas, Begini Kronologi Awal Kejadiannya
via KOMPAS.com
Kedua rekan Zaki, Sholahudin dan Bayu Alfarizi di basecamp Dusun Wonorejo Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru(Dokumen BPBD Banyuwangi) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANYUWANGI - Zaki Putra Andika (23), mahasiswa asal Lamongan yang tersesat di Gunung Raung, ditemukan meninggal di bawah "puncak tusuk gigi" Gunung Raung, Minggu (4/2/2018) sekitar pukul 12.49 WIB.

Sebelumnya, Zaki dinyatakan hilang sejak Kamis (1/2/2 018) siang pukul 13.15 WIB setelah terpisah dengan rekannya, Mohamad Sholahudin Qoyim (22).

"Korban ditemukan meninggal di bawah 'puncak tusuk gigi' Gunung Raung, di tempat terakhir korban terpisah dengan rekannya," ujar Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Eka Muharam, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (4/2/2018).

Puncak Gunung Raung saat dipantau di Pos Pemantauan Raung di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.(KOMPAS/SIWI YUNITA CAHYANINGRUM)
Puncak Gunung Raung saat dipantau di Pos Pemantauan Raung di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.(KOMPAS/SIWI YUNITA CAHYANINGRUM) (KOMPAS.com)

Jenazah korban pertama kali ditemukan pemandu Gunung Raung yang bergabung dengan tim relawan.

Namun, menurut Eka, jenazah belum bisa dievakuasi karena terkendala hujan deras.

Jika tidak ada kendala, jenazah akan tiba di basecamp Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, pada Minggu tengah malam.

"Sudah ada tim yang akan menjemput ke atas. Jika tidak ada halangan, sekitar tengah malam sudah sampai pos. Kondisi hujan dan badai di atas sehingga evakasi terhambat," ujarnya.

Eka masih belum mengetahui detail penyebab korban meninggal karena masih harus dilakukan pemeriksaan oleh tim medis.

"Nanti jika sudah sampai pos akan kami bawa ke puskesmas Kalibaru dan kami serahkan kepada keluarga untuk dimakamkan. Rencana memang akan langsung dibawa ke rumah duka di Lamongan," katanya.

Sebelumnya, Zaki bersama kedua rekannya, Mohamad Sholahudin Qoyim (22) dan Mohammad Bayu Alfarizi (19), menginap di basecamp Dusun Wonorejopada Senin (29/1/2018) sore, dan mendaki dari pos 1 pada Selasa (30/1/2018) pagi.

Halaman
123
Editor: Ernawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved