Berita Kotabaru

Massa Pendukung Tambang Pulaulaut Kembali Geruduk DPRD Kotabaru, Ajukan 9 Tuntutan

Pengunjuk rasa menginginkan adanya tambang untuk mendapatkan lapangan kerja, meminta angota DPRD tidak tutup mata.

Massa Pendukung Tambang Pulaulaut Kembali Geruduk DPRD Kotabaru, Ajukan 9 Tuntutan
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Massa pengunjuk rasa mendukung pertambangan di Pulaulaut saat menyampaikan orasi di depan kantor DPRD Kotabaru, Senin (5/2/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Gelombang unjuk rasa rencana penambangan batu bara di Pulaulaut terus terjadi. Senin (5/2/2018) ratusan massa mendukung rencana penambangan kembali menggruduk kantor DPRD Kotabaru.

Massa berjumlah tidak kurang seratus orang itu sempat membuat suana mencekam. Selain aparat kepolisian Polres Kotabaru dan Satpol PP lebih awal stanbai di lokasi unjuk rasa, pun untuk menghalau aksi massa Polres Kotabaru meminta bantuan personel tambahan dan Polres Kotabaru.

Karena dikabarkan massa bergerak dengan jumlah 3.500 orang. Mereka sebagian besar dari beberapa desa di Kecamatan Pulaulaut Tengah terdiri dari, pemilik lahan akan ditambang, pencari kerja, pekerja tambang dan masyarakat nelayan.

Pengamatan di lapangan jumlah pengunjuk rasa tidak sebanyak yang dikabarkan, tapi hanya ratusan orang yang berunjuk rasa di depan kantor DPRD.

Baca: Saya Akan Menjadi Kakinya Selamanya, Saya Akan Bersamanya Selamanya

Karena massa pengunjuk rasa jumlah lebih besar berasal dari berapa desa di Kecamatan Pulaulaut Tengah, tidak diizinkan masuk ke dalam kota oleh petugas kepolisian.

Massa pengunjuk rasa tidak diizinkan masuk oleh petugas kepolisian dari Polsek Pulaulaut Tengah dan Satlantas Polres Kotabaru. Dengan alasan faktor keselamatan karena sarana digunakan adalah mobil bak terbuka (dump truk).

Kabar diperoleh, pengunjuk rasa berjumlah ratusan orang tidak bisa masuk kota, mereka selain menggunakan truk ada pula menggunakan pikup, serta mobil minibus (tertutup).

Sementara sebagian aksi unjuk rasa massa lainnya mendukung pertambangan di Pulaulaut berhasil menggruduk ke kantor DPRD Kotabaru, mereka langsung ditemui Ketua DPRD Hajjah Alfisah.

Selain menyuarakan aspirasi, salah satu koordinator lapangan pengunjuk rasa menyampaikan petisi yang berisi sembilan tuntutan.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help