Tambang Merusak Jalan

Kepada Kepala Dinas Pertambangan Provinsi Kalsel. Kami Masyarakat Desa Madang Kec. Padang Batung mohon tutup saja Tambang

Tambang Merusak Jalan
Banjarmasinpost.co.id
Hot Line BPost 0816215000 

HULU SUNGAI SELATAN - Kepada Kepala Dinas Pertambangan Provinsi Kalsel. Kami Masyarakat Desa Madang Kec. Padang Batung mohon tutup saja Tambang Batu Putih (Galian C ) Desa Tayub/Cagur yang tidak berizin, merusak jalan dan lingkungan dan hal lainnya. Kami mohon jangan ragu-ragu bertindak walaupun para penambang ini ada beking dari aparat. 081253610728

TANGGAPAN:
SETELAH melakukan peninjauan ke lokasi penambangan batu gamping dan jalur jalan pengangkutan batu gamping dengan aparat desa setempat, Dinas ESDM Kalsel terkait hal ini dapat menjelaskan bahwa, kegiatan penggalian batu gamping oleh masyarakat tidak dilakukan setiap hari tetapi “musiman”.

Di saat musim penghujan masyarakat lebih suka menggeluti perkebunan karetnya, sedangkan di musim kemarau baru melakukan penggalian batu gamping dan saat peningkatan permintaan ketika pembangunan infrastruktur di daerah Hulu Sungai Selatan mulai meningkat.

Dari Desa Tayub menuju area penggalian batugamping melalui jalan desa dan jalan perkebunan karet yang semula sudah diperkeras dengan basecross.

Penggalian batu gamping dilakukan di area perkebunan karet di lahan yang mereka miliki dan juga di area kaki perbukitan batu gamping, dilakukan dengan cara manual.

Memang kegiatan penggalian batu gamping ini tidak memiliki izin usaha pertambangan. Sedangkan jalan dari Desa Tayub/Madang menuju Desa Karang Jawa beraspal namun sudah banyak yang terkelupas dan bergelombang, sistem drainase jalan di beberapa tempat tidak berfungsi optimal.

Dinas ESDM Kalsel akan menginformasikan kepada masyarakat dan pelaku usaha tambang bahwa kegiatan pertambangan harus memiliki izin usaha pertambangan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Terkait perizinan pertambangan batu gamping akan dievaluasi apakah dapat diberikan izin dan menyarankan kepada aparat desa agar meminta kepada para pengguna jalan yang telah mengangkut batug amping yang menggunakan jalan desa agar memperbaiki secara mandiri jalan-jalan yang rusak akibat aktivitasnya.

Kerusakan jalan aspal di desa Tayub menuju Desa Karang Jawa dapat tanggulangi dengan perawatan dan perbaikan oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Disarankan pula, Pemkab Hulu Sungai Selatan dapat memberikan rambu-rambu/peringatan pada jalan/jembatan serta infrastruktur lainya yang menginformasikan batas maksimal beban sesuai dengan kelas jalan/jembatan. Demikian yang dapat kami sampaikan, terima kasih.

Gunawan Harjito
Kabid Minerba Dinas ESDM Kalsel

Tags
hotline
Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved