BPBD Balangan Peringatkan Warga di Bantaran Sungai Waspada Dua Bencana Ini

Musim penghujan warga di Kabupaten Balangan khususnya di dua kecamatan yakni Tebing Tinggi dan Halong harus meningkatkan

BPBD Balangan Peringatkan Warga di Bantaran Sungai Waspada Dua Bencana Ini
BPost Cetak
bpost cetak

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Musim penghujan warga di Kabupaten Balangan khususnya di dua kecamatan yakni Tebing Tinggi dan Halong harus meningkatkan kewaspadaan terutama bencana banjir dan longsor.

Sebelumnya Badan Geologi Pusat Volkanologi Mitigasi Bencana Geologi merilis wilayah potensi gerakan tanah, untuk di Kalimantan Selatan ada sembilan kabupaten, masuk di antaranya Kabupaten Balangan.

Alive Yoesfah Love, Kepala BPBD Balangan mengaku pihaknya sudah menerima data tersebut sebagai bahan acuan untuk melakukan antisipasi.

Baca: Masjid Tertua di Tabalong Ini Dibangun Sejak Tahun 1625, Ternyata Dulunya Rumah Adat Suku Dayak

Disebutkan dalam rilis itu di Balangan ada dua daerah berpotensi adanya gerakan tanah tingkat menengah yakni Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi.

"Dikategorikan menengah yakni daerah yang mempunyai potensi menengah untuk terjadi gerakan tanah," ujarnya.

Disebutkan dia, pada zona itu dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, terutama pada daerah berbatasan dengan lembah sungai, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

Menurut Alive, di Balangan potensi bencana banjir dan longsor sudah menjadi agenda tahunan jika musim hujan.

BPBD berupaya sedari awal mengantisipasi agar bencana tidak banyak berdampak kepada masyarakat.

Disebutkannya, untuk banjir dan longsor hampir semua kecamatan di Balangan berpotensi, namun paling diwaspadai adalah di dekat bantaran sungai.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved