Ekonomi dan Bisnis

Miliki Berbagai Keunggulan, Ini Satu Contoh Kelemahan Marketplace Online yang Harus Diwaspadai

Faktor jaminan keamanan khususnya bagi pembeli yang semakin baik juga membuat cara belanja online makin umum di masyarakat

Miliki Berbagai Keunggulan, Ini Satu Contoh Kelemahan Marketplace Online yang Harus Diwaspadai
istimewa
Komunitas Bukalapak Banjarmasin saat lakukan coaching clinic melatih pedagang konvensional agar mahir berdagang online 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dilengkapi berbagai fitur kemudahan dan segala keunggulannya dibanding toko konvensional, e commerce termasuk aplikasi belanja online marketplace makin berkembang.

Faktor jaminan keamanan khususnya bagi pembeli yang semakin baik juga membuat cara belanja online makin umum di masyarakat termasuk di Banjarmasin.

Namun ternyata bukan tanpa kekurangan, bagi pedagang online e commerce ada beberapa masalah yang sering timbul diantaranya oknum-oknum pedagang online yang suka merusak harga pasaran.

Baca: Masjid Tertua di Tabalong Ini Dibangun Sejak Tahun 1625, Ternyata Dulunya Rumah Adat Suku Dayak

Dijelaskan Ketua Komunitas Bukalapak Banjarmasin Fajeri Hidayat, hal seperti memang sering terjadi. Oknum merusak harga pasaran dengan banting harga melisting harga produk dengan sangat rendah.

"Ini memang banyak terjadi, kadang mereka banting harga sengaja untuk membuat konsumen ragu. Padahal belum tentu produk yang dilistingnya dengan murah itu tersedia," kata Fajeri.

Hal ini memang menjadi suatu contoh kekurangan e-commerce karena pedagangnya tersebar luas di seluruh Indonesia, sulit untuk membuat asosiasi pedagang online komoditas tertentu dan menyepakati harga yang sesuai.

"Karena itu kami selalu utamakan pelayanan responsif, konsumen cenderung percaya dengan pelayanan yang baik. Soal banting harga, kami yakin pasti konsumen sekarang sudah semakin cerdas dan mengetahui harga pasaran suatu produk yang wajar," kata Fajeri. (*)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help