Bumi Antaluddin

Hemat Biaya tak Perlu ke Kandangan, Warga Daha Sekarang Mudah Bikin KTP

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) HSS

Hemat Biaya tak Perlu ke Kandangan, Warga Daha Sekarang Mudah Bikin KTP
istimewa/protokol dan kehumasan
Launching tempat layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil untuk wilayah Daha dihadiri Bupati HSS H Achmad Fikry 

BANJARMASINPST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) HSS melaunching tempat layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil untuk wilayah Daha, Rabu (7/2).

Adanya layanan administrasi itu sebagai upaya mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat khususnya pelayanan dokumen kependudukan.

Launcing tempat layanan ini dilakukan oleh Bupati HSS H Achmad Fikry.

Hadir juga para kepala SKPD, camat di wilayah Daha serta jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten HSS.

Tempat layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil tersebut berada di eks Kantor UPT Dinas Pendidikan Desa Tumbukan Banyu Kecamatan Daha Selatan.

Bupati memantau  tempat layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil untuk wilayah Daha
Bupati memantau tempat layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil untuk wilayah Daha (istimewa/protokol dan kehumasan)


Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten HSS Rahmat mengatakan launching tempat layanan administrasi kependudukan ini dilatarbelakangi oleh adanya pencanangan GISA ( Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) pada 2018 oleh Dirjen Administrasi Kependudukan Pusat.

GISA ini merupakan administrasi kependudukan dari tingkatan keluarga yang lengkap dan update mulai dari kartu keluarga, KTP dan akte kelahiran.

Administrasi tingkatan keluarga ini kemudian diikuti oleh administrasi tingkat desa atau kelurahan terus berjenjang ke tingkat kecamatan sampai pada tingkat kabupaten.

"Pada kegiatan launching, kita melayani pembuatan kartu keluarga sebanyak 50 orang, pembutan KTP juga sebanyak 50 orang dan akte kelahiran sebanyak 40 orang," katanya.

Tempat layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil untuk wilayah Daha buka setiap hari kecuali Sabtu dan Minggu. Sehingga, warga di wilayah Daha yang ingin membuat KK, KTP hingga akte tidak perlu lagi ke Kandangan.

Bupati HSS H Achmad mengatakan adanya launcing tempat layanan administrasi kependudukan adalah usaha pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan atau kemudahan kepada masyarakat yang ingin membuat dokumen kependudukan.

“Hari ini kita wujudkan, tidak perlu lagi ke Kandangan untuk mengurus dokumen kependudukan, cukup disini” kata Bupati.

Dengan adanya tempat layanan di wilayah Daha ini bisa mempermudah warga di wilayah Daha dan bisa menghemat biaya sebab tidak lagi harus mengurus ke Kandangan.

“Kalau biasanya harus menyuruh orang pergi ke Kandangan untuk mengurus dokumen kependudukan dengan tambahan biaya yang besar, sekarang bisa dihindari” lanjutnya.

Untuk itu, pihaknya berharap adanya tempat layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil untuk wilayah Daha meliputi Kecamatan Daha Selatan, Daha Utara dan Daha Barat bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. (*/aol)

Simak pula informasi pembangunan HSS di tautan berikut ini

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help