UU BUMN Digugat

Kenapa UU BUMN Digugat ke Mahkamah Konstitusi, Ini Alasan Kuat dari Pihak Penggugat

alasan diajukannya gugatan terhadap UU BUMN karena peraturan tersebut secara jelas dan gamblang tidak sesuai dengan UUD NRI 1945 pasal 33.

Kenapa UU BUMN Digugat ke Mahkamah Konstitusi, Ini Alasan Kuat dari Pihak Penggugat
istimewa
Letjen TNI (Pur) Kiki Syahnakri (batik hijau) dan AM Putut Prabantoro (kiri) bersama Tim Advokasi Kedaulatan Ekonomi Indonesia (TAKEN) dengan Kordinator DR. Iur. Liona N. Supriatna SH, MHum (berdasi) seusai mendaftarkan gugatan di MK, Rabu (7/2/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - UU No 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) karena tidak sesuai dengan UUD NKRI 1945 khususnya Pasal 33 yang berisi tentang perekonomian nasional.

Gugatan itu diajukan oleh Tim Advokasi Kedaulatan Ekonomi Indonesia (TAKEN) yang mendampingi para pemohon di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Para pemohon adalah Letjen TNI (Pur) Kiki Syahnakri dan AM Putut Prabantoro yang keduanya bertindak selaku Warga Negara Indonesia serta pemerhati ekonomi kerakyatan khususnya dalam memperjuangkan pemerataan kemakmuran.

Selain kedua pemohon, hadir di Gedung Mahkamah Konstitusi dari Tim Advokasi Kedaulatan Ekonomi Indonesia (TAKEN) terdiri atas DR Ir Liona N Supriatna, SH Mhum (Kordinator), Hermawi Taslim SH, Daniel T Masiku SH, Sandra Nangoy SH MH, A Benny Sabdo Nugroho SH MH, G Retas Daeng SH, AMC Alvin Widanto Pratomo SH dan Bonifasius Falakhi SH.

Menurut Liona N Supriatna, alasan diajukannya gugatan terhadap UU BUMN karena peraturan tersebut secara jelas dan gamblang tidak sesuai dengan UUD NRI 1945 pasal 33.

Baca: Setnov Ungkap Keterlibatan Ibas Yudhoyono, SBY ungkit Sikapnya Saat Setnov Kecelakaan

Baca: Beredar Foto Anies Baswedan Cium Tangan Anak Saat Banjir, Begini Tingkah Lucu Anak Korban Banjir

Baca: Gempa Bumi di Taiwan, Bangunan Tinggi Runtuh Banyak Orang Terjebak

Baca: Sempat Bikin Heboh! Ini Keadaan Manohara Sekarang, Foto-fotonya Bikin Cowok Ogah Kedip

Baca: Tolak Lamaran, Mahasiswi Kedokteran Ini Ditembak Mati, Saat Sekarat Ini yang Terjadi

Sementara pasal-pasal UU BUMN yang dianggap tidak sesuai dengan UUD NRI 1945 serta menjadi dasar gugatan adalah Pasal 2 ayat 1 (a) dan (b). Selain itu pasal yang menjadi fokus gugatan juga pasal 4 ayat 4.

Halaman
123
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help