Berita Balangan

Tingkatkan ‪Pengetahuan Guru di Balangan Tentang Sejarah dan Tradisi, Disdik Gelar Seminar Ini

Untuk meningkatkan pemahaman guru tentang sejarah dan tradisi serta budaya lokal yang ada di Balangan dan Kalimantan Selatan

Tingkatkan ‪Pengetahuan Guru di Balangan Tentang Sejarah dan Tradisi, Disdik Gelar Seminar Ini
banjarmasinpost.co.id/elhami
Untuk meningkatkan pemahaman guru tentang sejarah dan tradisi serta budaya lokal yang ada di Balangan dan Kalimantan Selatan, Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan melalui Bidang Kebudayaan mengadakan seminar sejarah dan tradisi untuk guru SMP dan MTs, bertempat di Aula UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Paringin Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Untuk meningkatkan pemahaman guru tentang sejarah dan tradisi serta budaya lokal yang ada di Balangan dan Kalimantan Selatan, Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan melalui Bidang Kebudayaan mengadakan seminar sejarah dan tradisi untuk guru SMP dan MTs, bertempat di Aula UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Paringin Selatan.

Kepala dinas Pendidikan Kabupaten Balangan yang diwakili oleh Kepala Bidang Kebudayaan, Imam Turmudi, Rabu (7/2/2018) mengatakan, melalui seminar ini agar kepada para peserta terus belajar, dan senantiasa meningkatkan kompetensinya karena belajar sejarah dan tradisi konsepnya adalah sepanjang hayat.

Menurutnya, guru sebagai contoh dan teladan di sekolah diharapkan bisa mengembangkan budaya positif dan konstruktif di sekolah masing-masing.

"Guru diharapkan juga harus arif dan bijak serta mawas diri dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik," harapnya.

Baca: Pria Ini 20 Jam Main Game Online, Kakinya Sampai Lumpuh dan Masuk Rumah Sakit

Kegiatan seminar ini diikuti oleh guru-guru yang ada di Kabupaten Balangan baik dari jenjang SMP maupun MTs terutama dari guru-guru mata pelajaran IPS, PPKn, Bahasa Indonesia dan Seni Budaya.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan dua orang penyaji yakni Ahmadiyanto dari SMPN 1 Lampihong yang merupakan Guru berprestasi tingkat nasional tahun 2017, dan Dharma Setiawan yang merupakan Ketua Komunitas Historia Indonesia Regional Kalimantan Selatan.

Dalam paparannya, Ahmadiyanto menyampaikan tentang Aktualisasi Tradisi Dan Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Di Era Global.

Baca: Setnov Ungkap Keterlibatan Ibas Yudhoyono, SBY ungkit Sikapnya Saat Setnov Kecelakaan

Sementara Dharma Setiawan menyampaikan makalahnya dengan judul Kalimantan Selatan dalam Lintasan Sejarah.

Fahriati, Kasi Sejarah dan Tradisi selaku panitia pelaksana kegiatan mengucapkan terimakasih kepada guru-guru yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya kegiatan seminar ini.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan juga akan lebih mengenalkan guru-guru di Balangan mengenai sejarah dan tradisi serta budaya lokal di Balangan, serta diharapkan untuk mencoba mengaktualisasikan kembali berbagai budaya dan tradisi lokal tersebut dalam pembelajaran dan di lingkungan sekolah masing-masing," ujarnya.

Kedepannya, Dinas pendidikan Kabupaten melalui Bidang kebudayaan berencana akan terus berusaha melaksanakan berbagai kegiatan lain untuk terus menggali dan meningkatkan kompetensi serta pengetahuan guru terutama tentang sejarah, tradisi dan budaya lokal yang ada di Balangan.

(Banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved